Unpad Lakukan Sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di SMAN 22 Bandung

Sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad di SMAN 22 Bandung, Rabu 8 Januari 2014 (Foto oleh: Marlia) *

[Unpad.ac.id, 8/01/2014] Dalam rangka memberikan informasi tentang program studi-program studi yang ada di Universitas Padjadjaran, UPT Humas Unpad diundang untuk menyampaikan materi tersebut dihadapan pelajar Kelas XII SMAN 22 Bandung dalam acara “Kiat Sukses Memilih dan Belajar Perguruan Tinggi” bertempat di Aula SMAN 22 Bandung, Rabu (8/01) ini.

Sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad di SMAN 22 Bandung, Rabu 8 Januari 2014 (Foto oleh: Marlia) *
Staf Humas Unpad, Dra. Wati Sukmawati, melakukan sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad di SMAN 22 Bandung, Rabu 8 Januari 2014 (Foto oleh: Tedi Yusup

Pada acara yang diikuti oleh sekira 200 orang siswa-siswi tesebut, UPT Humas Unpad yang diwakili oleh Dra. Wati Sukmawati juga menyampaikan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru, khususnya jalur SNMPTN yang baru saja memulai pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 6 Januari lalu.

Dalam kesempatan tersebut, terungkap bahwa animo siswa SMAN 22 Bandung untuk melanjutkan studi di Unpad sangat besar. Sebagian besar diantara mereka antara lain memilih program studi Kedokteran, Ilmu Komunikasi dan Manajemen. Banyak pula diantara mereka yang tertarik untuk memilih program studi lintas jurusan.

Terkait hal tersebut, Wati menegaskan kepada para siswa untuk berhati-hati dalam memilih jurusan saat mendaftar SNMPTN. Ia juga berpesan untuk mencari informasi terlebih dahulu tentang program studi yang akan dipilihnya nanti. “Sejak sekarang buka website universitasnya dan cari informasi tentang program studi tersebut, jangan sampai nanti salah memilih program studi,” tuturnya.

Selain itu, ia juga memaparkan mengenai profil Unpad, mulai dari sejarah berdirinya Unpad, program studi, fasilitas hingga biaya pendidikan di Unpad. “Pada tahun 2013, Unpad mulai menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai kebijakan pemerintah. Dengan UKT ini, mahasiswa baru tidak perlu membayar Dana Pengembangan (DP) di awal semester, tapi membayar dengan nominal UKT yang sama pada setiap semesternya,” ujar Wati.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemutaran video “Tips Memilih Program Studi” hasil produksi Unpad TV. *

Laporan oleh: Marlia / *

Share this: