Unpad Sediakan Fasilitas Google Apps for Education untuk Civitas Unpad

[Unpad.ac.id, 10/01/2014] Unpad bekerja sama dengan Google menghadirkan teknologi Google Apps For Education (GAFE) bagi kalangan civitas akademikanya untuk membantu komunikasi, berbagi dan bekerja sama secara online, terhitung mulai Senin (6/10) ini. GAFE adalah layanan Google berbasis internet atau clouds yang menyediakan versi custom yang independen dari beberapa produk Google, seperti Gmail, Google Groups, Google Calendar, Talk, Drive, Play, Docs, News, Wallet dan Sites.

gafeDalam rangka implementasi GAFE, UPT Teknologi Informasi (TI) Unpad telah melaksanakan serangkaian mini lab GAFE Unpad berupa program pelatihan dan kampanye penggunaan GAFE-Unpad untuk perwakilan dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Senin-Selasa (6-7/01)bertempat di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor.

Terkait dengan kerja sama tersebut, Kepala UPT TI Unpad Eddy Nurmanto, SSi., MBA., mengatakan bahwa mahasiswa saat ini sudah terbiasa berinteraksi  secara online. “Mereka mengharapkan fasilitas untuk berkomunikasi dan bekerja sama yang terintegrasi dengan aktivitas akademik,” ujar Eddy.

Menurut Indonesian Education Lead for Google Southeast Asia, Pepita Gunawan,  di dalam GAFE tersedia aplikasi untuk membuat naskah dokumen, kertas kerja, dan presentasi secara online. Mahasiswa atau dosen juga dapat mengunggah file dari aplikasi yang biasa digunakan untuk kemudian disunting secara online bersama-sama dengan banyak orang sekaligus.

“Setiap perubahan pada file tersebut tercatat dan dapat ditelusuri dengan mudah. File tersebut bahkan bisa diolah dimana saja menggunakan smartphone yang tersedia di pasaran,” ujarnya.

Menanggapi kerja sama ini, Sekretaris Rekayasa Perangkat Lunak UPT TI Unpad, M. Ishak Qadarsyah mengatakan dengan adanya kerja sama ini, civitas Unpad akan mendapatkan layanan e-mail alternatif dari Google yang handal. Teknologi ini juga membantu civitas Unpad untuk lebih produktif. Contohnya, mahasiswa bisa mengerjakan tugas kelompok bersama-sama meski berada di lokasi yang berbeda, dosen dapat berbagi materi  pengajaran dengan kolega secara aman, atau belajar dimana saja dengan smartphone dan tablet. “Ini baru permulaan, dan kami yakin akan semakin baik,” imbuhnya.

Dengan kerja sama ini, GAFE Unpad menyediakan layanan Gmail dengan kapasitas 25GB, Drive sebesar 5GB untuk bekerja dengan  file, Calendar untuk mengatur dan berbagi  jadwal, Chat, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Untuk keperluan tersebut, mahasiswa aktif, karyawan dan dosen sudah dibuatkan akun yaitu, Username : [Tulis PAUS-ID anda]@mail.unpad.ac.id dan Password : [Sama dengan password PAUS-ID anda].

Akun Unpad berteknologi Google tersebut merupakan akun mandiri yang terpisah dari e-mail Unpad lama yang berbasis Zimbra, maupun akun Google pribadi anda. Akun tersebut dapat dikunakan untuk semua aplikasi Google dengan sekali login (SSO-Single Sign On).

Referensi lebih lanjut dapat dibuka di laman http://www.google.com/enterprise/apps/education/ atau http://www.youtube.com/watch?v=kJT3pagjd8s (Google Apps Quick Tour). Informasi lebih lanjut juga bisa didapat di Bagian Layanan Terpadu di Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor.

Rilis oleh: UPT TI Unpad