Mulai Hari Ini, Pendaftaran bagi Siswa Pelamar SNMPTN 2014

[Unpad.ac.id, 17/02/2014] Mulai hari ini, Senin 17 Februari 2014 pukul 8.00 WIB, siswa pelamar sudah dapat melakukan pendaftaran SNMPTN 2014  di laman www.snmptn.ac.id. Pendaftaran siswa akan berakhir pada 31 Maret 2014.

Ketua Umum SNMPTN 2014, Prof. Ganjar Kurnia (kanan) dan Koordinator Tim Pokja Pendaftaran & Seleksi SNMPTN 2014 saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (15/02) lalu (Foto oleh: Dadan T.)*

Ketua Umum SNMPTN 2014, Prof. Ganjar Kurnia (kanan) dan Koordinator Tim Pokja Pendaftaran & Seleksi SNMPTN 2014 saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (15/02) lalu (Foto oleh: Dadan T.)*

Dalam jumpa pers yang diselenggarakan di Jakarta, Sabtu 15 Februari lalu itu, Ketua Umum Panitia Nasional SNMPTN 2014, yang juga Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia menyatakan bahwa hingga 15 Februari 2014 sekolah yang telah mengisi PDSS ada sebanyak 11.836 sekolah termasuk di antaranya 1.982 sekolah baru yang pada tahun 2013 tidak mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pengisian PDSS oleh sekolah akan berakhir pada 6 Maret 2014. Walapun masih memiliki waktu, Prof. Ganjar Kurnia kembali menekankan kepada sekolah yang belum mengisi PDSS untuk segera mengisinya dan tidak mengisi di saat-saat terakhir. Secara khusus Prof. Ganjar akan meminta bantuan PTN-PTN untuk melakukan sosialisasi pada sekolah-sekolah yang belum melakukan pengisian PDSS.

Apakah persyaratan pendaftaran SNMPTN 2014? Prof. Ganjar Kurnia menjelaskan persyaratan pertama adalah Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir dan mengikuti UN pada tahun 2014 atau mengikuti UN pada 2013 bagi SMK/MAK dengan masa studi 4 tahun dengan kelas terakhir pada 2014.

Persyaratan lainnya adalah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Apabila siswa belum mempunyai NISN, siswa atau sekolah diharapkan segera menghubungi Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung E lantai 1, Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta, dengan nomor telepon 08129922984, email: asimiyati@kemendiknas.go.id

Persyaratan terakhir bagi pendaftar adalah telah diisikan nilai rapornya pada PDSS, mulai semester 1 -5 dan sampai semester 7 bagi SMK/MAK dengan masa studi 4 tahun.

Lalu langkah apa sajakah yang harus diikuti dalam pendaftaran SNMPTN? “Setelah mendaftar pada PDSS, Siswa pelamar dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan Kepala Sekolah pada waktu verivikasi data di PDSS, login ke laman http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran sebagai langkah pertama” papar Prof. Ganjar Kurnia.

Setelah masuk, siswa mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi (prodi), serta mengunggah pasfoto resmi terbaru serta dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seleuruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilihnya. Khusus tentang foto, yang diunggah harus foto dengan pose resmi.

“Bukan foto aneh-aneh, karena dari pengalaman sebelumnya, ada yang mengirim foto aneh-aneh, yang berpose dengan pacarnya, foto di pantai dan lainnya” jelas Prof. Ganjar.

Untuk siswa pelamar program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan, langkah selanjutnya adalah harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan. Sebagai akhir proses pendaftaran, pelamar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jika pada tahun 2013 siswa pelamar dapat memilih maksimal 4 pilihan prodi, pada tahun ini pilihan prodi maksimal 3 prodi saja namun tetap dari maksimal 2 PTN. Dari 2 PTN tersebut , 1 pilihan harus satu provinsi dengan asal sekolah. Yang harus diperhatikan adalah urutan pilihan PTN dan prodi menyatakan prioritas pilihan.

Untuk siswa pelamar dari keluarga yang kurang mampu, dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program Bidikmidi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id

Pada SNMPTN 2014 ini, terdapat dua prodi baru di Unpad yakni Hubungan Masyarakat dan Teknologi Industri Pertanian. Dengan demikian, terdapat 45 prodi jenjang sarjana (S1) di Unpad yang dapat dipilih oleh siswa pelamar SNMPTN 2014. Jumlah daya tampung program studi pada tahun ini dan junlah peminat prodi tersebut pada dua tahun terakhir bisa dilihat di laman https://web.snmptn.ac.id/ptn. *

Laporan oleh: Dadan T / eh *