Ratusan Foto Peserta Tidak Sesuai Ketentuan SBMPTN 2014

Bandung, 31 Mei 2014. Panitia Lokal (Panlok) Bandung masih menjumpai banyak foto dengan pose tidak resmi (yang biasa dipergunakan untuk media sosial) pada Kartu Peserta SBMPTN 2014. Selain itu, panitia juga menjumpai masih banyak foto pada Kartu Peserta yang tidak sesuai dengan ketentuan seperti: foto tidak berwarna/hitam putih, foto blur/tidak jelas, foto gelap, ukuran wajah terlalu kecil, foto terpotong, foto tidak diedit (sehingga hanya terlihat background) dan foto tidak muncul di Kartu Peserta.

Logo SBMPTN *

Logo SBMPTN *

Penggunakan foto dalam pendaftaran SBMPTN 2014 fungsinya adalah sebagai alat identifikasi bagi panitia untuk menentukan apakah peserta yang mengikuti ujian adalah peserta yang bersangkutan. Pada saat ujian panitia akan memeriksa keabsahan peserta, salah satunya dengan membandingkan foto di Kartu Peserta dengan wajah peserta yang sesungguhnya. Apabila foto tidak mirip, bisa diindikasikan sebagai orang lain/joki. Bagi peserta yang merasa foto pada Kartu Peserta belum sesuai ketentuan, segera hubungi sekretariat Panlok yang dipilih oleh peserta.

Panitia menghimbau kepada calon peserta yang belum melakukan pendaftaran online SBMPTN 2014, agar mempersiapkan foto resmi yang biasa digunakan pada ijazah dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Foto berwarna ukuran 4×6 dengan resolusi minimal 400×600 pixel.
  2. Format foto JPEG atau PNG.
  3. Ukuran besar foto tidak boleh lebih dari 100 kb.
  4. Kualitas gambar harus tajam dan fokus.
  5. Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  6. Proporsi wajah minimal 75% dari foto.
  7. Wajah harus terlihat seluruhnya dan tidak boleh tertutup ornamen.
  8. Kepala terletak di tengah secara horizontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan).

Edit Foto
Setelah berhasil mengunggah foto, calon peserta dapat meng-edit foto dengan cara menggeser ke atas, bawah, kiri, dan kanan, atau memperbesar dan memperkecil foto. Bahkan calon peserta juga dapat memutar foto yang diunggahnya agar sesuai dengan contoh foto yang terdapat di borang pendaftaran. Foto yang sesuai dengan persyaratan dapat dilihat pada laman http://sbmptn.or.id dengan memilih menu “Panduan Pendaftaran”.

Apabila  foto tidak muncul pada Kartu Peserta, peserta tidak diperkenankan untuk menempelkan foto secara langsung, melainkan harus segera menghubungi Sekretariat Panitia Lokal tempat peserta akan melaksanakan ujian.

Layanan Perbaikan Foto
Bagi peserta yang telah memilih Panlok Bandung sebagai tempat melakukan ujian, Panitia memberikan layanan perbaikan foto bagi calon peserta yang fotonya tidak muncul atau belum sesuai dengan ketentuan pada Kartu Peserta yang dimilikinya. Peserta yang ingin melakukan perbaikan dapat mendatangi sekretariat Panlok Bandung dengan membawa softcopy foto yang telah sesuai dengan ketentuan ke Sekretariat Panlok Bandung di Gedung Information Centre Kampus ITB, Jl. Ganeca No. 10 Bandung, pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • Sekretariat SBMPTN 2014 Panitia Lokal Bandung di Kampus ITB, Jl. Ganeca No. 10 Bandung, Gedung Information Centre
  • Telp (022) 2511999.
  • Website: http://sbmptn.or.id
  • E-mail: panlok.bandung@sbmptn.or.id
  • Twitter: @sbmptnbdg Twitter @SekreSBMPTN
  • Facebook: www.facebook.com/PanitiaSBMPTN
  • Helpdesk: http://halo.sbmptn.or.id
  • Call Centre SBMPTN 2014: 0804-1-456-456.

Rilis oleh: SBMPTN Panitia Lokal Bandung