Dua Mahasiswa Fisika Unpad Presentasikan Penelitiannya di Seminar Nasional Fisika 2014

Garbel Nervadof (kiri) dan Didi Sapdiana saat berpartisipasi pada Seminar Nasional Fisika 2014 di UNJ *

[Unpad.ac.id, 9/06/2014] Mahasiswa Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad, Didi Sapdiana dan Garbel Nervadof, mempresentasikan penelitiannya dalam acara Seminar Nasional Fisika 2014 bertajuk “Physics in Future:  Education, Application, Sustainable Development and Innovation” di Universitas Negeri Jakarta, Sabtu (7/06) lalu.

Garbel Nervadof (kiri) dan Didi Sapdiana saat berpartisipasi pada Seminar Nasional Fisika 2014 di UNJ *
Garbel Nervadof (kiri) dan Didi Sapdiana saat berpartisipasi pada Seminar Nasional Fisika 2014 di UNJ *

Pada seminar tersebut, Didi berkesempatan mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Simulasi Kinerja dan Optimasi Proses Sistem Binary Cycle dengan Berbagai Jenis Fluida Kerja di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi XXXX”, dan Garbel mempresentasikan penelitiannya berjudul “Simulasi Numerik Aliran Fluida dalam Reservoar Geotermal Dua Dimensi”.

Mulanya, mereka mencoba mengirimkan abstrak hasil penelitiannya ke Himpunan Fisika Indonesia. Tidak disangka, pada akhir Mei, abstrak tersebut lolos untuk dipresentasikan pada seminar. “Ini merupakan pengalaman pertama kami untuk mempublikasikan penelitian di depan para praktisi dan akademisi yang kompeten di bidangnya dan kami merupakan delegasi dari Unpad yang masih undergraduate, ungkap Didi.

Dalam penelitian yang dilakukannya, Didi dan Garbel sempat mengalami kendala. Salah satunya adalah ilmu yang mempelajari eksplorasi geothermal dan aplikasinya belum didapat mereka selama kuliah. Namun, keduanya mengantisipasi kendala tersebut dengan berkonsultasi dengan dosen dan praktisi yang kompeten di bidang geothermal.

Selain menggunakan data lapangan, Didi melakukan analisis laboratorium di Balai Besar Teknologi Konversi dan Konservasi Energi, BPPT. Sementara Garbel melakukan analisis di laboratorium  Pusat Studi Geofisika Unpad, serta menggunakan dukungan data sekunder dari beberapa penelitian sebelumnya.

Menjadi peserta pada seminar merupakan pengalaman tersendiri bagi mereka. Mereka pun berpesan untuk tidak ragu berdiskusi dengan dosen dan teman, karena menurut mereka ilmu tidak hanya didapat dari bangku kuliah.*

Rilis oleh: FMIPA Unpad / art*  

Share this: