9 June 2014

Enam Mahasiswa Unpad Berpartisipasi pada Indonesia Youth Forum di Wakatobi

[Unpad.ac.id, 6/06/2014] Enam mahasiswa Unpad turut berpartisipasi dalam Indonesia Youth Forum (IYF) 2014 yang digelar di Wakatobi, Sulawesi Tenggara,  21-24 Mei 2014 lalu. Mereka terpilih mengikuti kegiatan tersebut bersama 185 pemuda lainnya di Indonesia berdasarkan proyek sosial yang mereka buat.

Foto bersama para peserta Indonesia Youth Forum 2014 di Wakatobi *

Foto bersama para peserta Indonesia Youth Forum 2014 di Wakatobi *

Mereka adalah Panji Aziz Pratama (FISIP) yang menggagas proyek sosial  “Istana Belajar Anak Banten”, Cut Putri Pohan (Faperta) dengan proyek sosial  “Agroschooling”, Ghifari R. Pahlavi (FTIP) dengan proyek sosial “Ekspedisi Munggaran Amerta oleh PPAB Rejanawana FTIP), M. Rizky P. Nugraha (FTIP) dengan proyek sosial “Unpad Diajar Ngebon oleh Unpad Unpad Berkebun”,  Devi Ayu (FMIPA) dengan proyek sosial “Microbiology for Environmental: Penjernihan Air Sungai Citarum dengan Teknik Mikrobiologi”, dan Viddy M. Naufal Ranawijaya (FISIP) yang menggagas proyek sosial mengenai peningkatan potensi anak melalui teater di pelosok desa.

“Jadi social project yang kita punya itu kita kembangkan bersama Indonesia Youth Forum,” ujar Panji saat ditemui di ruang UPT Humas, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Kamis (5/06). Sepuluh social project terbaik se-Indonesia akan diumumkan Oktober 2014 mendatang  dan akan diundang untuk IYF 2015.

Indonesia Youth Forum merupakan kegiatan yang digagas oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) sejak tahun 2012. Dalam kegiatan ini, pemuda  dari seluruh Indonesia dapat berkontribusi secara langsung melalu social project yang mereka gagas. Tahun ini IYF mengangkat tema  “The Role of Youth : Action on Preserving Heritage and Marine Tourism  Sutainability”.

“Dengan tema itu, diharapkan kita bisa betul-betul menjaga kekayaan bawah laut, dan ternyata Wakatobi itu memang indah banget,” ungkap Cut. Dari program ini, Cut mengatakan bahwa para peserta bukan hanya mendapat sertifikat sebagai peserta Indonesia Youth Forum, tetapi juga  sebagai duta promosi wisata Wakatobi.

Bentuk kegiatan Indonesia Youth Forum 2014 diantaranya terdiri dari Meet the Leader, Meet the CEO, Ministrial Forum, Live In bersama suku-suku setempat, dan turut hadir pula 9 alumni IYF 2013 untuk mendemonstrasikan perjalanan proyek sosial mereka. Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberi kesempatan untuk tinggal bersama tokoh/pemimpin setempat.

Melalui IYF 2014, mereka berharap proyek sosial yang sedang mereka jalankan dapat terus berkembang dan berkelanjutan . “Kalau menurut saya sih ini jadi kayak satu momen, yaitu momen pengembangan dan pemberdayaan anak-anak muda di Indonesia, khususnya yang mempunyai social project untuk bisa mengembangkan Indonesia lebih baik,” ujar Panji.

Dengan mengikuti IYF 2014, mereka mengaku mendapatkan banyak manfaat, terutama untuk mengembangkan social project yang sedang mereka jalankan. Selain mendapatkan banyak ilmu, mereka juga dapat menguatkan jaringan sebagai bagian dari partnership dan sponsorship.

Sebelum lolos menjadi peserta, mereka terlebih dahulu melalui serangkaian seleksi mulai dari seleksi administrasi, wawancara, hingga verifikasi. Panji mengungkapkan, Unpad termasuk dalam universitas yang paling banyak mengirimkan delegasinya untuk kegiatan tersebut.  Kedepannya, Panji dan Cut berharap kegiatan Indonesia Youth Forum ini dapat diikuti oleh lebih banyak lagi mahasisiwa Unpad. Mereka ingin kegiatan ini lebih dikenal lagi di Unpad, karena mereka yakin banyak mahasiswa Unpad yang memiliki project sosial.

“Mudah-mudahan juga acara ini bisa tetap dipertahankan buat mengembangkan anak muda agar bisa berkontribusi, minimal untuk daerahnya, dan kalau dikumpulkan kan bisa memberikan impcat yang besar untuk Indonesia,” harap Panji.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *              

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad