Peserta dari 9 Negara Ikuti Economics and Business Summer Program

Peserta Economics and Business Summer Program yang diselenggarakan FEB Unpad berfoto di angkutan bis dalam kampus Unpad *

[Unpad.ac.id, 1/09/2014]Untuk ketiga kalinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad sukses menyelenggarakan Economics and Business Summer Program (EBSP). Pada tahun ini, kegiatan tersebut terdiri dari terdiri dari summer program (11–19/8) dan post-tour (20–23/8). Para peserta kali ini berasal dari 9 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Jerman, Perancis, Tunisia, Kongo, Lithuania, Azerbaijan, dan Bangladesh.

Peserta Economics and Business Summer Program yang diselenggarakan FEB Unpad berfoto di angkutan bis dalam kampus Unpad *
Peserta Economics and Business Summer Program yang diselenggarakan FEB Unpad berfoto di angkutan bis dalam kampus Unpad *

Dalam rilisnya disebutkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan salah satu misi FEB Unpad yakni sebagai salah satu langkah internasionalisasi dan sesuai dengan misi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten selaras dengan kebutuhan di tingkat global. Melalui kegiatan ini, FEB Unpad diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa untuk sukses berpartisipasi dalam dunia yang semakin interdependen, mendorong pemahaman global dan mengembangkan keterampilan untuk hidup efektif, serta bekerja di dunia yang beragam.

Pada dua hari pertama EBSP 2014, para peserta diajak menikmati tur di area Ciater, di antaranya outbound dan berendam air panas. Mereka juga melakukan tea walk menuju pabrik pengolahan teh PTPN VIII untuk melihat langsung proses pengolahan daun teh, mulai pelayuan, pemotongan, hingga proses uji teh yang siap dipasarkan. Dalam perjalanan pulang menuju Bandung, peserta diajak untuk melihat dan menikmati keindahan Gunung Tangkuban Parahu.

Dengan mengangkat tema “Greenpreneurial in West Java, Indonesia”, panitia kegiatan ini mengundang beberapa dosen Unpad sebagai pembicara, seperti Dr. Diana Sari SE., M.Mgt., Harlan Dimas Isjwara SE.,MA., Dr.rer.nat. M. Fani Cahyandito SE., MSc., Popy Rufaidah SE., MBA., Ph.D, dan Dr. MM Nanny Dewi Tanzil SE.,Mcomm.Ak.

Selain itu, panitia juga menyelenggarakan entepreneur’s talk yang menghadirkan pengusaha UKM yang mengedepankan produk-produk hijau dan eco-friendly di Indonesia, yaitu di antaranya E. Kurniawan Padma (Integrated Green Business), Pimpi Syarley Naomi (SawoKecik Craft), dan Annisa Wibi (Growbox).

Pada kegiatan tersebut, setiap hari para peserta diajak melakukan company visit dengan mengunjungi beberapa tempat di Kota Bandung, seperti home industry zero waste household di perumahan daerah Pasir Impun, pengolahan jamur di Parongpong, Regina Craft Cisaranten. Selain itu, mereka diajak untuk lebih mengenal budaya Indonesia dengan mengikuti kegiatan membatik di workshop Rumah Batik Lembang. Kegiatan ini membuat peserta sangat antusias ketika diperlihatkan bagaimana cara membatik, mulai membuat pola hingga pewarnaan akhir.

Kegiatan menarik lainnya yaitu melakukan Braga Tour dengan mengunjungi museum KAA dan jalan-jalan historis di kawasan Braga dan Saung Angklung Udjo dengan para peserta disuguhi pertunjukan angklung dan seni tradisional Jawa Barat lainnya yang sangat apik.

tangkuban parahuteam buildingpak harlanSebagai puncak dari kegiatan, para peserta melaksanakan group presentation yaitu memaparkan business plan dari masing-masing kelompok dengan dinilai oleh tiga juri yang merupakan dosen di FEB Unpad. Pada hari yang sama, diadakan farewell party yang menjadi penutup acara yaitu peserta dari masing-masing negara akan menggunakan pakaian tradisional masing-masing dan melakukan berbagai performance dari tari tradisional, demo masak khas negara masing-masing, pemberian penghargaan bagi juga peserta mengikuti Poco-poco Dance Competition di Taman PAAP FEB Unpad, Jalan Dipatiukur 35 Bandung, Selasa (19/8).

Menurut Ketua Panitia Economics and Business Summer Program 2014 Dr. Diana Sari, SE., MMgt., hal lain yang muncul dari program ini adalah bagaimana antar peserta berbeda benua ini dapat saling mengerti dan memahami satu sama lain. Ia berharap summer program tahun depan akan lebih menarik mahasiswa asing dan lokal untuk berpartisipasi.*

Rilis oleh: FEB Unpad/mar

 

Share this: