8 Oktober 2014

Enam Mahasiswa PSMIL Unpad Lolos Seleksi Pertukaran Mahasiswa ke Jepang

[Unpad.ac.id, 8/10/2014] Enam orang mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) Pascasarjana Unpad berhasil lolos seleksi pertukaran mahasiswa ke universitas di Jepang. Dua orang diantaranya, Adella Anfidina Putri dan Yenni Misbawati mengikuti program tersebut di University of Tokyo. Sementara itu empat orang lainnya, yaitu Asni Ibrahim, Fajar Dwi Noviandri, Robi Ramdani dan Nova Dewi Lestari mengikuti program di Mie University.

2014-10-8 psmil 1

Mahasiswa PSMIL–Ps Unpad Asni Ibrahim (berdiri kedua dari kiri) dan Fajar Dwi Noviandri (berdiri keempat dari kanan) bersama perwakilan dari IPB, Unsri dan Universitas Halu Oleo menunggu keberangkatan kereta yang akan membawa ke Mie University.

Dalam rilisnya disebutkan bahwa Adella dan Yenni telah berangkat pada Rabu (1/10) lalu setelah melewati seleksi administrasi dan wawancara jarak jauh dengan perwakilan University of Tokyo. Mereka akan mengikuti study visit selama 15 hari di Universty of Tokyo yang merupakan universitas nomor 1 di Asia Pasifik dengan biaya Urban Environment and Health in Asia (UEHAS). Study visit ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama penelitian yang telah lama dijalin antara Universitas Padjadjaran dan University of Tokyo Jepang.

Sementara itu, empat orang mahasiswa peserta pertukaran mahasiswa Mie University berangkat ke Jepang pada waktu yang berbeda. Sebelumnya mereka berhasil lolos seleksi administrasi dan wawancara dengan perwakilan Mie University yang khusus datang ke Indonesia. Asni dan Fajar telah bertolak Selasa (30/9) lalu dalam rangka merasakan suasana penelitian di Laboratorium Faculty of Bioresources Mie University dengan pembiayaan dari Japan Science and Technology Agency (JST) melalui Program Sakura Exchange.

Empat orang mahasiswa PSMIL-Ps Unpad Batch I (menggunakan jas almamater Unpad) setelah mengikuti sidang di Mie University bulan Maret lalu *

Empat orang mahasiswa PSMIL-Ps Unpad Batch I (menggunakan jas almamater Unpad) setelah mengikuti sidang di Mie University bulan Maret lalu *

Dua orang lainnya, Robi dan Nova akan berangkat pada Kamis (30/10) mendatang dengan pembiayaan dari Japan Student Service Organization (JASSO). Program short stay ini akan berlangsung selama 40 hari. Program studi singkat di Mie University ini merupakan pengembangan dari Program Double Degree antara PSMIL-Ps Unpad dan Mie University yang tahun ini akan memasuki Batch III. Sebelumnya Unpad telah memberangkatkan tujuh orang mahasiswa ke Mie University untuk program double degree. Empat orang mahasiswa Batch I telah menyelesaikan studinya pada Maret lalu dan meraih gelar Master of Science (M.Sc) dari Mie Universty serta Magister Ilmu Lingkungan (M.I.L.) dari Unpad.

Menanggapi program tersebut, Koordinator PSMIL Ps Unpad, Parikesit, M.Sc., Ph.D, mengatakan bahwa PSMIL-Ps Unpad secara aktif terus mendukung visi Universitas Padjadjaran untuk menjadi universitas unggul dalam penyelenggaraan pendidikan kelas dunia.

“Upayanya melalui pengembangan kerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri yang tentunya berada dalam koridor misi Universitas Padjadjaran untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional,” ujarnya.*

Rilis oleh: PSMIL Ps Unpad/mar

 

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad