Unpad Tandatangani MoU dengan University of Groningen Belanda

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kiri), dengan President University of Groningen, Prof. Sibrandes Poppema *

[Unpad.ac.id, 4/11/2014] Guna meningkatkan kualitas institusi, Unpad melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan University of Groningen. Penandatanganan MoU dilakukan di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa (4/11) di sela prosesi Wisuda Gelombang I Unpad TA 2014/2015.

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kiri), dengan President University of Groningen, Prof. Sibrandes Poppema *
Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia (kiri), dengan President University of Groningen, Prof. Sibrandes Poppema *

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, dengan President University of Groningen, Prof. Sibrandes Poppema dan disaksikan oleh pimpinan universitas dan fakultas, serta para tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Sibrandes juga memaparkan mengenai profil University of Groningen.

“University of Groningen termasuk ke dalam 100 universitas riset internasional,” jelas Prof. Sibrandes.

Sebagai universitas yang berdiri sejak tahun 1614, University of Groningen memiliki visi “excellent education & research”. Visi tersebut menurut Prof. Sibrandes telah diterapkan ke dalam 10 fakultas yang ada. Kerjasama riset dan akademik secara internasional pun telah banyak dilakukan oleh University of Groningen.

University of Groningen pun memiliki mahasiswa asing yang berasal dari 120 negara. Indonesia menurutnya menjadi negara keempat terbanyak dengan jumlah mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas tersebut. “Kita bisa dengan mudah menemukan orang Indonesia,” seloroh Prof. Sibrandes.

Terkait kerjasama penelitian, University of Groningen memiliki beberapa bidang kajian unggulan, diantaranya healty ageing, energi&sustainability, sustainable society, serta tekonologi informasi. Dengan penelitian unggulan tersebut, universitas tersebut juga telah masuk ke dalam 45 universitas di dunia yang telah menerbitkan 33.000 karya ilmiah dalam kurun 10 tahun terakhir.

Untuk itu, Unpad sendiri mengapresiasi kerjasama dengan University of Groningen. Menurut Prof. Ganjar, Unpad akan belajar banyak kepada University of Groningen, terutama pada bidang manajemen perguruan tinggi.

“Kita akan belajar banyak bukan hanya terkait ilmu pengetahuan dan riset, tetapi juga mempelajari bagaimana manajemen untuk meningkatkan status universitas menjadi world class university,” ujarnya.

Di bidang akademik, Unpad telah mempersiapkan tenaga pendidiknya untuk melakukan study aborad ke University of Groningen. “Setiap tahun kita selalu mengirimkan dosen kami untuk melakukan study abroad. Tahun ini ada 5 kandidat salah satunya Dr. Keri Lestari (Wakil Dekan I Fakultas Farmasi) yang akan study abroad ke University of Groningen,” kata Rektor.

Di bidang riset unggulan, Unpad sendiri memiliki Rencana Induk Penelitian yang terdiri dari 5 pilar, yaitu: Pangan, Lingkungan Hidup, Energi, Kesehatan, serta Kebijakan, Budaya, dan Informasi. Untuk itu, beberapa program kerjasama pun ditawarkan oleh Unpad, seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, joint research, serta joint publication.

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik. Kita harapkan kerjasama ini akan terus berlanjut ke depannya,” pungkas Rektor.*

Laporan oleh Arief Maulana / eh

Share this: