Dosen dari Berbagai Perguruan Tinggi Selesai Jalani Program Magang di Unpad

Para dosen magang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang baru saja menyelesaikan program magang di Unpad (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

[Unpad.ac.id, 4/12/2014] Setelah dua bulan mengikuti program magang di Unpad, ada banyak hal yang dialami oleh para peserta dosen magang. Mereka mengaku memiliki kesan positif selama mengikuti program tersebut di Unpad.

Para dosen magang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang baru saja menyelesaikan program magang di Unpad (Foto oleh: Purnomo Sidik)*
Para dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang baru saja menyelesaikan program magang di Unpad berfoto bersama perwakilan Unpad di lobi Gedung Rektorat Unpad Jatinangor (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

“Kegiatan di Unpad ini, bagi kami peserta dosen magang itu kesannya sangat baik dan lebih dari apa yang kami harapkan. Ketika kami berada di sini kami diterima dengan tangan terbuka, dilayani dengan sangat baik sehingga kami merasa semuanya itu seperti dengan keluarga sendiri,” ungkap salah satu perwakilan peserta dosen magang, Yudhi Dien, SE. MSi saat ditemui seusai acara Penutupan Dosen Magang Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) di Unpad, Kamis (4/12).

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini Unpad kembali dipercaya Dikti menjadi salah satu Perguruan Tinggi Pembina bagi sejumlah dosen magang. Tahun ini, Unpad menerima sebanyak 16 dosen magang dari 14 perguruan tinggi di Indonesia.

Lebih lanjut Yudhi mengungkapkan, banyak manfaat yang mereka dapatkan selama mengikuti program ini. Beberapa ilmu yang didapat diantaranya mengenai tata kelola dan proses pembelajaran di Unpad.

“Setiap hal yang diberikan itu benar-benar diberikan dengan baik. Begitu banyak manfaat mengenai tata kelola perguruan tinggi yang kami dapatkan di sini. Begitu juga ketika ke fakultas masing-masing kami diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman. Kami mendapatkan pengalaman proses pembelajaran itu seperti apa yang berjalan di Unpad,” tutur peserta asal STIE Eben Haezar Manado ini.

Bukan hanya sebagai kegiatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman, Yudhi mengungkapkan bahwa kerja sama dapat tercipta sebagai hasil dari program ini. Kerja sama terutama diperlukan untuk pengembangan masing-masing perguruan tinggi.

“Setelah kegiatan ini diharapkan tentunya apa yang kami terima di tempat ini bisa kami aplikasikan ke perguruan tinggi masing-masing, disesuaikan dengan kondisi yang ada di tempat kami masing-masing,” harap Yudhi.

Acara penutupan tersebut dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia, Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, dan Tata Kelola, Prof. Dr. Ir. Roni Kastaman, MSIE, serta sejumlah pimpinan dan staf di lingkungan Rektorat Unpad.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan laporan dosen magang kepada Rektor Unpad, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan cinderamata dari Unpad kepada seluruh dosen magang.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: