Unpad Kembangkan Kerjasama dengan Kabupaten Karimun dan Universitas Karimun Kepulauan Riau

MoU Unpad dengan Universitas Karimun

[Unpad.ac.id, 22/12/2014] Unpad melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Karimun (UK) dan perpanjangan MoU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., Bupati Karimun, Dr. H. Nurdin Basirun, dan Rektor Universitas Karimun Abdul Latif, Drs., M.Si.

MoU Unpad dengan Universitas Karimun
MoU Unpad dengan Universitas Karimun
MoU Unpad dengan kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau
MoU Unpad dengan Kab. Karimun Provinsi Kepulauan Riau

Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula Sekretaris UPT Kerja Sama Unpad, Kasno Pamungkas, perwakilan dari Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad, Rasus Budhoyono dan Tisna, serta Koordinator Kerja Sama FIB Unpad, Bima Bayusena.

Sebelumnya, telah dilaksanakan ujian English Language Test bagi para lulusan dan dosen di Universitas Karimun dengan total peserta 183 orang yang dibagi menjadi 3 sesi pada tanggal 17 dan 19 Desember 2014 lalu. Ujian Kemahiran Berbahasa Inggris yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris TOEFL – Like ini merupakan implementasi awal kerja sama Unpad dengan UK yang dimotori oleh FIB melalui Pusat Bahasa. Kedepannya, pelaksanaan ujian tersebut akan berjalan rutin 1 hingga 2 kali dalam satu tahun, yang tertuang dalam pasal bentuk dan pelaksanaan kerja sama antara FIB Unpad dengan Kantor Bagian Kemahasiswaan dan Pembelajaran Universitas Karimun.

Kerja sama lainnya yang sudah dan akan dilakukan adalah pada bidang pembelajaran dan kemahasiswaan, berbentuk studi lanjut beberapa staf pengajar UK dan pegawai Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karimun di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Dua orang alumni kerja sama pendidikan Unpad dengan Pemda Karimun saat ini menjabat Wakil Bupati Kabupaten Karimun dan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun. Dalam bidang kemahasiswaan, Pemda Kabupaten Karimun akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unpad yang berasal dari Karimun dalam bentuk tuition fee dan biaya hidup.

Bentuk-bentuk kerja sama tersebut rencananya akan terus dikembangkan, seperti studi lanjut Program Pascasarjana bagi para dosen UK ke Unpad dengan beasiswa dari Pemda Kabupaten Karimun mengingat UK adalah perguruan tinggi yang berada di bawah pengelolaan Yayasan 7 Juli Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.

Disamping itu, bentuk pengembangan kerja sama lainnya adalah pembimbingan bersama mahasiswa Program Pascasarjana di Unpad yang berasal dari UK, penelitian bersama, dan pengabdian masyarakat. Dalam hal kerja sama joint supervision ini, Unpad akan melibatkan para dosen UK yang sudah bergelar doktor untuk berperan sebagai pembimbing pendamping atau promotor, oponen, dan atau penguji mahasiswa tersebut.

Bagi Unpad, kerja sama ini merupakan suatu bukti nyata peran serta dalam membantu pembangunan kawasan Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) Indonesia yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia, dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Untuk itu, diharapkan pengembangan kerja sama ini dapat berjalan terus, sebagai wujud kepedulian Unpad yang besar terhadap pembangunan bangsa. *

Rilis oleh: UPT Kerja Sama Unpad / art

Share this: