Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sedang melakukan kunjungan ke kampus Universitas Padjadjaran.(Foto: Arif Maulana)*

[Unpad.ac.id, 24/03/2015] Sebanyak 200 orang rombongan SMA Negeri 4 Tangerang Selatan berkunjung ke Unpad. Rombongan yang merupakan pelajar kelas XI IPA/IPS dan perwakilan guru tersebut diterima secara resmi oleh staf UPT Humas Unpad, Selasa (24/03) di Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor.

Salah satu pelajar SMAN 4 Tangerang antusias bertanya saat melakukan kunjungan ke Unpad Jatinangor, Selasa (24/03). (Foto oleh: Arief Maulana)*
Salah satu pelajar SMAN 4 Tangerang antusias bertanya saat melakukan kunjungan ke Unpad Jatinangor, Selasa (24/03). (Foto oleh: Arief Maulana)*

Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 4 Tangerang Selatan, Ahmad Alwan Fatwani, S.Pd., mengungkapkan, maksud dari kunjungan ke Unpad adalah untuk memotivasi pelajar untukbisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi setelah mereka lulus nanti.

“Sebelumnya kita sudah pernah berkunjung ke Unpad, kita terus motivasi agar mereka mau melanjutkan studinya,” ujar Ahmad.

Ahmad yang juga sebagai ketua rombongan ini menerangkan, masih sedikit lulusan SMAN 4 Tangsel yang diterima di Unpad, terutama pada jalur SNMPTN. Hal ini menurutnya disebabkan ketatnya proses seleksi untuk masuk ke Unpad.

Untuk itu, Ahmad berharap agar para siswanya dapat mengetahui gambaran mengenai Unpad, mulai dari proses seleksi maupun kehidupan di kampus. “Cukup besar harapan kami, mudah-mudahan ini menjadi langkah positif. Kami berharap siswa kami ada yang masuk ke Unpad melalui jalur undangan,” pungkas Ahmad.

Acara pun dilanjutkan pemutaran video profil Unpad dan presentasi mengenai Unpad oleh staf UPT Humas Unpad, yakni Safa Annisaa dan Marlia. Dalam kesempatan tersebut, Safa juga menjelaskan mengenai jalur seleksi yang dilakukan Unpad.

Terkait ketatnya masuk ke Unpad, dalam 3 tahun terakhir Unpad menjadi PTN yang paling banyak diminati pada SNMPTN. Pada tahun ini, jumlah pendaftar SNMPTN ke Unpad mencapai 74.159 orang. Seusai memperoleh presentasi, rombongan pun antusias melontarkan beberapa pertanyaan terkait Unpad.

“Kita menggunakan 2 jalur masuk, yakni SNMPTN dan SBMPTN. Kita murni berdasarkan kemampuan akademik dan tidak ada jalur seleksi berdasarkan prestasi olahraga,” ujar Safa saat menjawab pertanyaan mengenai ada tidaknya jalur prestasi berdasarkan olahraga di Unpad.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: