PSM Unpad Tampil di Hadapan Kepala Negara Peserta KAA di Gedung Merdeka

[Unpad.ac.id, 27/04/2015] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad kembali dipercara Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika, Jumat (24/4) di Gedung Merdeka, Bandung. Gedung ini merupakan saksi sejarah digelarnya KTT Asia Afrika pada tahun 1955.

PSM Unpad berfoto di depan bendera para peserta KAA di Gedung Merdeka Bandung *

PSM Unpad berfoto di depan bendera para peserta KAA di Gedung Merdeka Bandung *

“Ini adalah penampilan kedua PSM Unpad dalam kegiatan internasional tersebut setelah 10 tahun lalu juga dipercaya oleh Pemprov Jabar untuk tampil,” tulis PSM Unpad melalui rilis yang diterima Humas Unpad.

Sebanyak 37 mahasiswa anggota PSM Unpad menjadi penampil. Dibuka dengan membawakan lagu “Halo-halo Bandung” dan “Bandung Selatan di Waktu Malam” karya komponis Ismail Marzuki, penampilan mereka diiringi oleh penampilan musik arumba dari Saung Angklung Udjo. Kedua lagu tersebut merupakan refleksi dari Kota Bandung yang secara resmi telah dinobatkan sebagai Ibu Kota simbolis dari Asia Afrika oleh Presiden RI Joko Widodo.

Selanjutnya, PSM Unpad juga membawakan beberapa lagu hiburan, seperti “Bungong Jeumpa,” “Dorven Dalai,” dan “Asika Thali.” Lagu yang dibawakan merupakan representasi tentang keanekaragaman lagu-lagu daerah dari berbagai negara.

Penampilan tersebut berhasil memukau setidaknya 22 kepala negara dari Asia dan Afrika yang hadir dalam acara tersebut. Turut hadir Presiden RI, Ir. Joko Widodo, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, dan Presiden Myanmar Thein Sein. Acara tersebut juga dapat disaksikan langsung secara streaming melalui laman http://www.aacc2015.id/.

Keikutsertaan PSM Unpad di ajang peringatan 60 tahun KAA ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri khususnya bagi Unpad maupun masyarakat Jawa Barat. PSM sendiri telah banyak berkontribusi melahirkan prestasi dalam 10 tahun terakhir, baik dalam kompetisi nasional maupun internasional.*

Rilis: PSM Unpad/am