PSM Unpad Tampil di Slovenia dan Hungaria

[Unpad.ac.id, 24/04/2015] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad sukses menggelar festival luar negeri bertajuk “Indonesia Kirana” pada 5-18 April lalu. Dalam kesempatan tersebut, PSM Unpad mengikuti 2 acara, yakni kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria.

Penampilan tim "Indonesia Kirana" PSM Unpad pada kompetisi 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia, 12 April 2015 *

Penampilan tim “Indonesia Kirana” PSM Unpad pada kompetisi 13th International Choral Competition Gallus-Maribor 2015 di Maribor, Slovenia, 12 April 2015 *

Dalam kompetisi di Slovenia, PSM Unpad menjadi satu-satunya wakil dari Asia. Selain itu, mereka juga dihadapkan dengan kelompok paduan suara terkenal, seperti kelompok East Carolina University Singer dari Amerika Serikat, Maska Youth Choir dari Latvia, serta New Dublin Voices dari Irlandia. Meski belum mampu melaju ke babak Grand Prix, delegasi berhasil meraih skor 83,5.

PSM Unpad sendiri mengirimkan 42 orang delegasinya dengan diketuai oleh Dzulfiqar Abduljabbar. Setelah mengikuti kompetisi, delegasi pun menggelar konser di St. Fransisco Hall, Koper, Slovenia pada Senin (13/4), kemudian langsung bertolak ke Hungaria untuk menggelar konser kebudayaan dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hungaria.

Konser tersebut dilakukan di 2 tempat, yakni di Gedung Bartakovics Béla Közösségi Ház, Eger, Rabu (15/4) dan di Cultural House, Miskolc, Kamis (16/4). Delegasi menampilkan sejumlah lagu daerah Indonesia, diantaranya; Bungong Jeumpa (Aceh), Percoma (Jawa Barat), dan Marencong-rencong (Sulawesi Selatan).

Kelompok paduan suara yang baru saja menyandang The Grand Champion pada kompetisi paduan suara 2nd ITB International Choir Competition (IICC) pada Februari lalu ini juga mempersembahkan beberapa kesenian daerah Nusantara, seperti Tari Saman, Pencak Silat, serta Tari Mojang Priangan.

Delegasi pun mendapat sambutan yang sangat antusias dari para penonton. Penampilan selama 1,5 jam tersebut cukup membuat lebih dari 700 penonton terpukau dari awal hingga akhir pertunjukkan. Setelah tampil, delegasi juga mendapat kehormatan oleh Duta Besar Hungaria untuk menyelenggarakan konser serupa di tahun depan dengan target untuk 4 kota.*

Rilis: PSM Unpad/am