Mahasiswa Calon Pengelola Radio Unpad Ikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Radio

Para mahasiswa peserta bimbingan teknis pengelolaan Radio Unpad berfoto bersama Kepala UPT Humas Unpad di Laboratorium Radio Fikom Unpad Jatinangor, Sabtu (30/05). *

[Unpad.ac.id, 30/05/2015] Sebanyak 27 peserta yang merupakan mahasiswa Unpad dari berbagai fakultas mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Radio Unpad. Acara diselengarakan di Laboratorium Radio Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, mulai hari ini, Sabtu (30/05) hingga Minggu (31/05) besok.

Para mahasiswa peserta bimbingan teknis pengelolaan Radio Unpad berfoto bersama Kepala UPT Humas Unpad di Laboratorium Radio Fikom Unpad Jatinangor, Sabtu (30/05). *
Para mahasiswa peserta bimbingan teknis pengelolaan Radio Unpad berfoto bersama Kepala UPT Humas Unpad dan staf serta para instruktur di Laboratorium Radio Fikom Unpad Jatinangor, Sabtu (30/05). *

Kepala UPT Humas Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si mengungkapkan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kemampuan para pengelola Radio Unpad. “Juga untuk memampukan mereka-mereka yang berminat untuk mengelola Radio Unpad, terutama dari kalangan mahasiswa yang prosesnya melaui seleksi. Ada seleksi administrasi dan substantif, sehingga akhirnya terpilih 27 mahasiswa Unpad yang kedepannya akan menjadi pengelola Radio Unpad dari tahun 2015 sampai tahun 2016,” tutur Dr. Soni.

Disamping itu, kegiatan ini juga digelar untuk semakin mengembangkan pengelolaan Radio Unpad. Penerima manfaat atau pendengar Radio Unpad pun harus meningkat, terutama mahasiswa, dosen, pegawai, dan pimpinan Unpad. “Karena Radio Unpad itu berisi informasi-informasi yang aktual tentang Unpad yang akan memberikan manfaat banyak bagi sivitas dan alumni,” ujar Dr. Soni.

Bukan hanya melalui kegiatan Bimbingan Teknis, peningkatan kompetensi para peserta pun akan terus dilakukan selama proses mereka menjadi pengelola Radio Unpad. Peningkatan kompetensi terutama dilakukan atas kerja sama UPT Humas Unpad dengan Fikom Unpad.

“Dalam prosesnya mereka akan diberi tambahan materi setelah bergabung. Jadi tidak cukup hanya dua hari ini, tapi kedepannya juga dia akan terus mendapatkan pengayaan-pengayaan,” ungkap Dr. Soni.

Dr. Soni mengharapkan, para peserta dapat menjadikan Radio Unpad sebagai Laboratorium Radio dan Laboratorium Pengembangan Kompetensi Radio. “Kalau Laboratorium Radio, ditujukan bagi mereka yang mempunyai keahlian di bidang Komunikasi khususnya radio. Kalau untuk Laboratorium Pengembangan Kompetensi Radio, siapapun yang memiliki minat untuk mengelola radio dan aktif di radio, maka Radio Unpad menjadi wadahnya,” tuturnya.

Sementara itu, staf Pengelola Radio Unpad, Gantini Permana Dewi, S.Sos mengatakan bahwa para peserta merupakan mahasiswa Unpad terpilih. Seleksi dilaksanakan mulai dari April hingga Mei 2015.

Dari 109 peserta yang mendaftar Online, sebanyak 58 peserta dinyatakan lolos seleksi administratif. Pada 8-9 Mei 2015 lalu kemudian dilakukan seleksi wawancara, sehingga terpilih 27 peserta yang berhak mengikuti Bimbingan Teknis sekaligus tergabung menjadi pengelola Radio Unpad kedepannya.

Para peserta terpilih diantaranya karena memiliki minat atau kemampuan dibidang penyiaran, dan sedang tidak memiliki kegiatan di radio lain. Mereka juga dituntut untuk berkomitmen dalam mengelola Radio Unpad.

Bertindak sebagai pemateri pada Bimbingan Teknis kali ini adalah para praktisi dan dosen Fikom Unpad. Materi yang disampaikan yaitu mengenai musik dan audio mixing oleh Anggung Suherman dan Ryan Adzani, berita dan informasi oleh Pandan Yudhapramesti dan Efi Fadilah, serta mengenai presenting oleh Ahmad Basit. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: