Mahasiswa Faperta Unpad Juara Umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional 2015

Mahasiswa Faperta Unpad yang meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah di Universitas Andalas berfoto bersama juri *

[Unpad.ac.id, 25/05/2015] Mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Unpad berhasil meraih Juara Umum pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) 2015. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Universitas Andalas, Padang, 11-17 Mei 2015 lalu.

Mahasiswa Faperta Unpad yang meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah di Universitas Andalas berfoto bersama juri *
Mahasiswa Faperta Unpad yang meraih juara umum Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional di Universitas Andalas berfoto bersama para juri *

Juara umum diraih setelah mereka menjuarai beberapa kompetisi pada rangkaian kegiatan tersebut. Mereka berhasil menjadi Juara I pada Kompetisi Soil Debate, Fotografi Ilmiah, dan Poster Ilmiah. Selain itu, mereka juga meraih Juara III pada Soil Judging Contest dan menjadi Juara Favorit Poster Ilmiah.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (Fokushimiti) setiap dua tahun sekali. Dalam Pilmitanas 2015, tim Unpad diwakili oleh 11 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan (Himatan) Faperta Unpad.

Para mahasiswa dapat mengikuti kompetisi setelah lolos dari serangkaian seleksi yang dilakukan oleh Himatan Faperta Unpad. Mereka adalah Adiyasa Muda Zannatan, Riandy Dhika Nugraha, Priyanka, Annisa Khairani, Elis Nuraeni, Zaky Abdul Haris, Junius Noval Sijabat, Ary Satria Lubis, Chantik Mega Fauziah Ali, Allan Cahyadi Fardhani, dan Arjuna Judeo Sipayung.

“Sebenarnya yang kita seleksi itu memang orang yang mewakili. Jadi bukan hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi orang yang memang sanggup mewakili Unpad khususnya di kancah nasional ini,” ungkap Adiyasa saat diwawancarai bersama rekan-rekannya di ruang UPT Humas Unpad, Jumat (22/05) lalu.

Adiyasa dan tim mengungkapkan, ini bukanlah kali pertama Juara Umum diraih oleh Unpad pada kompetisi tersebut. Sebelumnya, Juara Umum juga pernah diraih pada Pilmitanas 2009 di UGM dan Pilmitanas 2011 di IPB. Pada tahun 2013, Juara Umum gagal diraih, dan Unpad harus puas di posisi ketiga.

“Pilmitanas ini memang acara paling prestige di tingkat nasional pada bidang Ilmu Tanah. Jadi harga diri itu benar-benar dipertaruhkan di ajang ini. Jadi sepertinya tahun ini harus dapat lagi,” ungkap Elis mengenai target tim untuk kembali meraih Juara Umum di tahun ini.

Sebelas mahasiswa tersebut terbagi menjadi 5 orang sebagai peserta kompetisi, dan 6 orang tim managerial. Selain itu, mereka juga mengaku mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dosen, alumni, dan mahasiswa Faperta Unpad lain. “Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu kami hingga mencapai prestasi besar ini,” tutur Adiyasa.

Pada Kompetisi Debat, tema yang diangkat adalah “Transfer Teknologi dalam Upaya Mendukung Pertanian Berkelanjutan”. Tim Unpad diwakili oleh Elis, Junius, dan Ary. Sementara pada Kompetisi Poster, Chantik mempersembahkan karyanya berjudul “Jembatan Kualitas Tanah Indonesia”, dan pada Kompetisi Fotografi Zaky berkarya dengan tema “Degradasi Lahan”. Kemudian pada Soil Judging Contest, diikuti oleh Ary, Elis, dan Junius, dengan tema “Pendeskripsian Tanah untuk Meningkatkan Kualitas Tanah”.

Untuk Pilmitanas dua tahun kedepan, mereka mengaku sudah melakukan persiapan sejak sekarang, dengan melakukan sosialisasi, pelatihan, dan simulasi. “Persiapan untuk dua tahun selanjutnya buat ajang Pilmitanas itu akan kami persiapkan dari sekarang, agar targetnya minimal mempertahankan yang sudah ada,” ungkap Adiyasa.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: