Calon Mahasiswa Baru Unpad Mulai Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Salah seorang calon mahasiswa sedang menjalani proses pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter di UPT Kesehatan Unpad, Jln. Dipati Ukur Bandung (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 29/07/2015] Calon mahasiswa baru program Sarjana Tahun Akademik 2015/2016 yang diterima melalui jalur SBMPTN serta Program Diploma wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan di kampus Unpad. Pemeriksaan ini berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus di UPT Kesehatan Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 46, Bandung atau Lab SKILLS Gedung C3 Fakultas Kedokteran Unpad Kampus Jatinangor dengan tidak dipungut biaya.

Salah seorang calon mahasiswa sedang menjalani proses pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter di UPT Kesehatan Unpad, Jln. Dipati Ukur Bandung (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Salah seorang calon mahasiswa sedang menjalani proses pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter di UPT Kesehatan Unpad, Jln. Dipati Ukur Bandung (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Kepala Sub Bagian Registrasi Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Ahmad Baihaqi mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini berdasarkan Surat Pengumuman Rektor nomor 24288/UN6.RKT/TU/2015 yang dimuat di laman resmi Unpad pada 24 Juli 2015. Calon mahasiswa baru terlebih dahulu dikirim SMS blast untuk dipersilakan mengecek pengumuman tersebut.

“Teknisnya, calon mahasiswa diminta untuk mengakses laman https://students.unpad.ac.id/peserta/index.php/login, login dengan memasukkan nomor peserta dan password-nya tanggal lahir,” ujar Ahmad saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/07).

Setelah login untuk melakukan pendaftaran, calon mahasiswa tinggal menentukan slot yang kosong dari 2 lokasi pemeriksaan. Slot tersebut sudah disiapkan berdasarkan ruangan dan waktunya. Calon mahasiswa tinggal memilih salah satu lokasi yang ditentukan.

Lebih lanjut Ahmad menuturkan, ada 12 ruangan yang disediakan dengan Lab SKILLS Gedung C3 FK Unpad serta 6 ruangan di UPT Kesehatan Unpad. Sementara waktu pemeriksaan disesuaikan dengan jam kerja, yakni Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Lama pemeriksaan kesehatan maksimal 15 menit untuk setiap orang. Dengan demikian, calon mahasiswa baru dapat menentukan sendiri waktu pemeriksaan yang tepat sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Ini juga memberikan peluang bagi mahasiswa dari luar kota untuk mengatur waktu pemeriksaan,” kata Ahmad.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kesehatan dasar, seperti berat badan, tinggi badan, pemeriksaan nadi, suhu tubuh, riwayat kesehatan, hingga tes buta warna. Pada saat melakukan pemeriksaan, calon mahasiswa diwajibkan mengenakan kemeja dan celana panjang bukan jeans.

Sementara itu, Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, drs. Sudarma, M.M., mengatakan, pendaftaran secara online ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa baru melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan jumlah mencapai ribuan orang, Unpad telah mengantisipasi melalui penyediaan beberapa ruangan baik di Bandung maupun Jatinangor.

“Kita sudah siapkan agar pemeriksaan ini dapat nyaman, mudah, dan cepat dengan kualitas pemeriksaan kesehatan yang lengkap,” kata Sudarma.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak UPT Kesehatan maupun Fakultas Kedokteran. Di lokasi FK Unpad sendiri ada 12 ruangan yang telah disiapkan dengan tim dokter, perawat, dan fasilitas pemeriksaan yang lengkap.

“Kita apresiasi, FK Unpad sendiri sangat siap,” kata Sudarma.

Hasil pemeriksaan ini akan menjadi data medical record mahasiswa Unpad. “Dengan data peserta pemeriksaan kesehatan ini menjadi manfaat awal untuk dijadikan informasi selanjutnya bagi kepentingan Unpad maupun peserta didik,” jelas Sudarma.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

 

Share this: