Lanjutkan Kerjasama, Unpad Tandatangani MoU dengan Polri

(Foto oleh: Dadan T.)

[Unpad.ac.id, 24/08/2015] Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia melalui penandatangan MoU yang digelar Senin (24/08) di Ruang Rapat Wakil Rektor Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor. Penandatanganan MoU ini merupakan kerja sama lanjutan antara Unpad dengan Polri sejak 2009 lalu.

(Foto oleh: Dadan T.)
Pihak Unpad saat bertemu dengan pihak Polri membicarakan kerja sama lanjutan yang telah terbina sejak tahun 2009 (Foto oleh: Dadan T.)

Penandatangan MoU tersebut dilakukan secara desk to desk antara Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerja Sama Unpad, Dr.med. Setiawan, dr., dengan Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Polisi Drs. Sabar Rahardjo.

Penandatanganan MoU tersebut dihadiri Karojianstra SSDM Polri Brigjen Pol Dr. Eko Indra Heri, M.M., Kabagjakdiklat Rojianstra SSDM Polri Kombes Pol Drs. Budi Siswanto, M.H., staf Biro SSDM Mabes Polri, perwakilan Polda Jabar, Wakapolres Sumedang Tri Suryanti, S.IK., M.Si., serta Kapolsek Jatinangor Roedy de Vries.

Sementara dari pihak Unpad hadir Kepala Biro SDM, Hukum, dan Tata Kelola Slamet Suprapto, S.Sos., M.Si., Sekretaris UPT Kerja Sama Unpad, Kasno Pamungkas, M.Hum., Kepala Pusat Kerja Sama FIB Unpad, Hj. Erlina, M.Hum., serta staf UPT Kerja Sama Unpad.

Dalam sambutannya, Eko menilai banyak aktivitas kerja sama lanjutan yang bisa dilakukan antara Unpad dengan Polri. Kerja sama tersebut tidak hanya bersifat akademik, namun juga menyangkut aktivitas praktis di lapangan.

Di bidang akademik, banyak anggota Polri yang ingin melanjutkan studi ke Unpad. Proses ini merupakan salah satu upaya pengembangan Polri ke arah yang lebih baik.

“Peningkatan SDM tidak hanya untuk pengembangan internal Polri saja, tapi juga membuka wawasan bagaimana pandangan masyarakat terhadap Polri,” ujar Eko.

Eko juga membuka para lulusan Unpad untuk bergabung dengan Polri. Melalui program Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), pihaknya membutuhkan lulusan Sarjana dari berbagai program studi untuk ikut serta mengembangkan Polri.

Menurut Eko, Polri membutuhkan banyak lulusan dari program studi tertentu, namun belum dapat terkomunikasikan dengan baik. “Kami banyak membutuhkan keahlian-keahlian tertentu, dan sebenarnya banyak di luaran sana,” jelas Eko.

Di bidang lainnya, Polri juga menawarkan untuk melakukan pembinaan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) di Unpad. Beberapa masalah yang terjadi di Unpad salah satunya bisa diselesaikan salah satunya melalui keterlibatan Polri dalam melakukan pemeliharaan harkamtibmas.

Unpad, lanjut Eko, juga bisa melakukan kerja sama dengan Polri untuk melakukan berbagai pelatihan pengembangan sumber daya manusia.

Kerja sama ini diapresiasi positif oleh pihak Unpad. Dr. Setiawan mengatakan, Unpad mengharapkan Polri turut serta dalam pengembangan akademik di Unpad, salah satunya adalah pemberian kuliah umum oleh Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti. Pada kesempatan tersebut, Polri juga dapat menginformasikan beberapa program rekrutmen maupun pelatihan.

“Ini akan menjadi pengalaman bagi dosen dan mahasiswa untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pimpinan lembaga tertinggi. Ini akan memberikan dampak yang besar,” ujar Dr. Setiawan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: