Naik, Peringkat Nasional Unpad di Webometrics edisi Juli 2015

[Unpad.ac.id, 3/08/2015] Peringkat nasional Universitas Padjadjaran di Webometrics edisi Juli 2015 naik satu peringkat dibanding edisi Januari 2015. Meski demikian, peringkat internasional Unpad, dan juga sebagian besar perguruan tinggi Indonesia lainnya, mengalami penurungan di ranking global.

Pada Webometrics edisi terbaru yang terbit 31 Juli 2015, Unpad berada di peringkat 9 nasional dan 1917 global. Sementara pada edisi Januari 2015, Unpad berada di peringkat 10 nasional dan 1507 global. Peringkat teratas nasional masih ditempati Unversitas Gadjah Mada yang juga menempati peringkat 781 global.

Pada Juni 2015, dalam QS University Ranking, Unpad juga mengalami peningkatan peringkat dengan berada di 5 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan peringkat 161-170 untuk wilayah Asia. Pada tahun sebelumnya, Unpad berada di peringkat 7 QS University Ranking dan peringkat Asia masih di luar 200 Besar. Peringkat teratas nasional QS University Ranking ditempati Universitas Indonesia yang juga berada di peringkat 79 Asia.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan Unpad, Prof. Dr. Rina Indiastuti, SE., MSIE., menerangkan peringkat Unpad bisa naik, terutama di QS, karena beberapa hal seperti meningkatnya kualitas riset dosen, kualitas pembelajaran khususnya perbaikan layanan pembelajaran akibat penyesuaian rasio mahasiswa terhadap dosen, internasionalisasi khususnya peningkatan dosen studi atau riset di luar negeri, inbound dan outbound student exchange, juga karena kepedulian terhadap lingkungan, serta inklusivitas khususnya jangkauan terhadap mahasiswa miskin.

“Untuk mempertahankan posisi tersebut maka secara simultan harus melakukan perbaikan kualitas dan kinerja secara terus menerus dengan tetap konsisten memperbaiki kinerja core business Unpad utamanya riset, pembelajaran dan employability lulusan yang harus terus ditingkatkan,” ujar Prof. Rina.

Sementara Kepala Bagian Sistem Informasi Unpad, Arif F. Firmansyah, S.Si., MT, mengatakan kita perlu bersyukur atas prestasi ini meskipun data tersebut tidak dapat dijadikam satu-satunya dasar yang menandakan Unpad lebih baik diantara perguruan tinggi lainnya di Indonesia. “Yang pertama, hal ini patut kita syukuri. Ini menjadi salah satu langkah awal untuk mewujudkan Unpad menjadi perguruan tinggi yang berdaya saing di antara universitas baik nasional maupun dunia, terutama asia,” ujar Kepala Bagian Sistem Informasi Unpad, Arif F. Firmansyah, S.Si., MT.

Webometrics mengeluarkan ranking setiap semester sejak tahun 2004. Metodologi penilaiannya berdasarkan visibility (50%) dan activity (50%). Visibility terkait jumlah tautan eksternal, activity terdiri dari tiga komponen yaitu presence atau jumlah laman internet yang tersedia, openness atau repositori yakni jumlah file dokumen yang terdata oleh Google Scholar, dan excellence atau jumlah publikasi ilmiah yang terindeks di Scimago Group.

QS University Ranking mengeluarkan peringkat setiap tahun sejak tahun 2004. Penilaian QS Ranking berdasarkan kriteria: academic reputation (40%), employer reputation (10%), faculty/student ratio (20%),  citation per faculty (20%), international student ratio (5%), international staff ratio (5%).*

Laporan oleh: Erman

Share this: