Pelajar Malaysia Penasaran dengan Catur U-Camaintian yang Dikembangkan Unpad

Pelajar Malaysia dan pengurus Unit Catur Mahasiswa Unpad berfoto bersama di depan Aula PSBJ FIB Unpad *

[Unpad.ac.id, 29/08/2015] Sebanyak 17 pelajar dan 5 guru dari Sekolah Menengah (SM) Sains Kuala Terengganu Malaysia berkunjung ke Unpad. Kunjungan diterima secara resmi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Universitas Padjadjaran, Dayat Hermanto, S.IP., dengan mahasiswa pengurus Unit Catur Mahasiswa Unpad (UCMU), Sabtu (29/08) di Aula PSBJ FIB Unpad Kampus Jatinangor.

Pelajar Malaysia dan pengurus Unit Catur Mahasiswa Unpad berfoto bersama di depan Aula PSBJ FIB Unpad *
Pelajar Malaysia dan pengurus Unit Catur Mahasiswa Unpad berfoto bersama di depan Aula PSBJ FIB Unpad *

Para siswa yang melakukan kunjungan tersebut merupakan anggota Chess Club di SM Sains Kuala Terengganu. Menurut Tuan H. Fauzi Ibrahim, pemimpin rombongan SM Sains Kuala Terengganu mengatakan, kunjungannya ke Unpad dilakukan untuk mengetahui aktivitas permainan catur di Unpad.

“Kita ingin mengetahui bagaimana perkembangan Catur di Unpad. Kita harapkan ada tukar wawasan terkait bagaimana pengelolaan catur di kami maupun Unpad,” ujar Fauzi.

Salah satu aktivitas catur yang terkenal di Unpad ialah U-Camaintian atau Unpad Catur Main Bertiga Bergantian. Fauzi menjelaskan, salah satu tujuan kunjungannya ke Unpad ialah mengetahui lebih lanjut mengenai U-Camaintian yang dikembangkan oleh Unpad.

Acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai UCMU oleh Irvan Yustian, Ketua UCMU, serta penjelasan mengenai U-Camaintian oleh Imam Anshari, perwakilan oleh UCMU. Menurut Imam, U-Camaintian merupakan pertandingan catur unik yang dimainkan secara bergantian oleh satu tim yang terdiri dari tiga orang.

“Mungkin sedikit aneh, bagaimana main catur bertiga, padahal papannya hanya satu. Tetapi bagaimana caranya kita harus bermain secara bertiga,” ujar Imam.

U-Camaintian dikembangkan oleh Rektor Unpad ke-10, Prof. Ganjar Kurnia. Sejak 2010, setiap tahunnya Unpad rutin menggelar turnamen U-Camaintian. Turnamen yang selalu menjadi bagian dari pelaksanaan Dies Natalis Unpad ini selalu diikuti oleh para atlet catur atau perwakilan dari grup catur di seluruh Indonesia.

Menurut Imam, permainan catur jenis ini memiliki nilai positif. Para pemain harus dapat menjaga kekompakan di satu tim. “Apabila main bertiga, kita harus bisa menyusun kekompakan dan strategi yang baik,” terang Imam.

Selanjutnya, Imam pun menggelar simulasi pertandingan U-Camaintian yang dilakukan antara perwakilan UCMU dengan perwakilan SM Sains Malaysia Terengganu.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: