Mahasiswa Unpad Luncurkan Equalife Journal, Ajak Anak Muda Jaga Keseimbangan Hidup

[Unpad.ac.id, 18/09/2015] Untuk mengajak masyarakat, terutama anak muda agar dapat mencapai keseimbangan hidup, empat mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran ini membuat sebuah buku panduan keseimbangan hidup dengan merek “Equalife Journal” dengan tagline A Friend, A Guidance, and A Hero to Evolve Life-Balancing Habits A Fun Way. Seri buku pertamanya bertajuk “Positive Mind” telah mendapat respon baik dari masyarakat, dan telah terjual lebih dari 200 buah dalam waktu 4 bulan.

(Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Tim Equalife Journal, kiri ke kanan: Rita Khamila, Soraya Arifianti, Cintia Hermita, dan Marissa Meditania (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Produk karya Marissa Meditania, Soraya Arifianti, Cinthia Hermita, dan Rita Khamila ini merupakan salah satu Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) terpilih yang akan mewakili Unpad di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di Universitas Halu Oleo, 5 – 9 Oktober mendatang. Bertindak sebagai dosen pendamping adalah Yanti Rubiyanti, S.Psi., M.Psi.

“Equlife Journal ini merupakan brand yang mengeluarkan produk-produk buku jurnal. Jurnal pertamanya itu adalah berjudul ‘Positive Mind’. ‘Positive Mind’ ini buku jurnal yang bertujuan untuk membuat penggunanya untuk berpikir positif,” jelas Marissa saat diwawancarai Humas Unpad beberapa waktu lalu.

Di buku pertamanya itu, Equalife Journal berusaha mengajak pembacanya untuk selalu berpikir positif melalui konten-kontennya yang membangun dan dengan cara yang menyenangkan. Konten memang dibuat semenarik mungkin, dengan juga mengajak pembacanya untuk turut aktif mengisi beberapa hal di jurnal tersebut agar lebih menstimuli mereka untuk berpikir positif.

Mulanya, empat mahasiswa ini melihat bahwa masih banyak orang yang memiliki pikiran negatif dan sulit mencapai keseimbangan hidup. Mereka kemudian tertarik untuk berusaha menolong masyarakat dengan mengaitkan ilmu yang di dapat di bangku kuliah.

“Equalife Journal itu sebenarnya kalau dari namanya sendiri itu diadaptasi dari dua kata, equal sama life. Artinya kita itu ingin membuat produk yang dapat mencapai keseimbangan hidup para penggunanya. Biar mencapai kesejahteraan hidup juga,” terang Marissa.

equalife2Produk mereka sendiri menargetkan konsumen dengan usia 15-26 tahun. “Positive Mind” bahkan sudah terjual di beberapa kota di Indonesia seperti Medan, Palembang, Batam, dan di beberapa negara luar seperti Perancis, Australia, dan Jepang. Penjualan produk lebih banyak dilakukan melalui media sosial dan website yang mereka kelola. Sebanyak 2% dari hasil penjualan, disumbangkan untuk turut membantu pembangunan sekolah di Indonesia.

Saat ini, mereka tengah memproduksi buku seri ke dua bertajuk “Positive Life”. Buku kedua ini lebih banyak mengajak masyarakat untuk mengelola hidup dengan baik, meliputi pengelolaan waktu, keuangan, dan kesehatan diri.

“Di buku pertama kita memang angkat ‘mind’-nya dulu untuk membentuk pemikiran yang positif. Nah di buku yang kedua kita langsung menerapkan money controller, manajemen waktu, sama pola hidup sehat,” ungkap Cinthia.

Untuk maju ke Pimnas nanti, tim ini pun tengah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya adalah melakukan evaluasi terhadap materi presentasi yang telah disusun, dan terus meningkatkan jumlah penjualan. Ajang Pimnas pun dijadikan tim ini sebagai media pembelajaran dan menambah pengalaman, terutama untuk hal-hal yang mereka tidak dapat di bangku kuliah. Mereka pun berharap dapat membawa nama baik Unpad di Pimnas ke-28 nanti.

“Semoga bisa punya prestasi di Pimnas,” harap Soraya.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh