Hari Ini, Peserta Pimnas Selesaikan Presentasi PKM

[Unpad.ac.id, 7/10/2015] Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di Universitas Halu Oleo Kendari, sudah mulai melakukan presentasi sejak Selasa (6/10) kemarin hingga hari ini, Rabu (7/10). Presentasi dilakukan di dalam kelas yang sudah ditentukan, sesuai dengan skim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diikuti.

Salah satu tim Unpad sedang melakukan presentasi di hadapan juri dan peserta lainnya pada Pimnas 28 di Universitas Halu Oleo Kendari. (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Salah satu tim Unpad sedang melakukan presentasi di hadapan juri dan peserta lainnya pada Pimnas 28 di Universitas Halu Oleo Kendari. (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Beberapa tim delegasi Unpad sudah melakukan presentasi, salah satunya adalah tim “Radio Signal for Motorcycle Safety with Technology Arduino (RSMS Techno)”. Tim ini sudah melakukan presentasi Selasa kemarin.

“Sudah presentasi jadi lega. Tapi masih belum tenang kalau belum diumumkan yang menangnya siapa,” ungkap Ketua Kelompok RSMS Techno, Hedy Ahmad Soleh dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Hedy pun mengaku presentasi yang dilakukan timnya berjalan Lancar, meski ada sejumlah saran dan kritik yang dilontarkan juri. Menurutnya, pembekalan menuju Pimnas yang dilakukan Unpad sangat membantunya untuk kelancaran presentasi.

“Penting banget. Berguna banget. Semua yang dikasih tahu sama Unpad semuanya bermanfaat pas presentasi. Gimana caranya presentasi, apa saja yang harus disiapkan,” ungkap Hedy yang berharap akan dapat medali atas presentasi kelompoknya ini.

Meski demikian, Hedy dan dan tim mengaku masih ada perasaan gugup karena melihat kualitas dari tim-tim universitas lain. “Nervous juga. Pada bagus saingannya,” ujar Hedy yang juga mempersiapkan presentasi untuk tim “Tong Sampah Inovatif dengan Teknologi Inovatif (Tongsis): Unik Menarik untuk Dilirik”, dan “Modifikasi Truk Inovatif Pengangkut Sapi Berbasis Animal Welfare dengan Teknologi Otomatis (Motip Batik)”.

Selain itu, Farida Alia Dewi dan tim dari “Chocolate of Padjadjaran as Educative Media (Choped!)” juga sudah melakukan presentasi kemarin. “Alhamdulillah presentasi lancar. Keadaan di ruangan presentasi cukup kondusif. Juri memulai dan mengakhiri presentasi tepat waktu. Selain memberikan pertanyaan, juri juga memberikan komentar dan masukan yang membangun. Senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan Pimnas 28 di Universitas Halu Oleo tahun ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Rombongan Pimnas Unpad 2015, Dr. Iman Hernaman mengungkapkan bahwa berbagai pelatihan memang sudah dilakukan Unpad untuk kesiapan peserta berlaga di Pimnas.

“Kita kan sudah melakukan kegiatan pelatihan. Kita siapkan mereka supaya siap bertanding di sini,” ungkap Dr. Iman.

Selain itu juga, Unpad juga selalu mendorong kepada setiap fakultas, dan para dosen pembimbing untuk melakukan latihan-latihan, terutama yang terkait dengan keilmuannya.

“Dengan kerja sama tim, kami berharap dan mempunyai keyakinan bahwa teman-teman kita akan tampil secara maksimal,” ujar Dr. Iman.

Latihan pun bukan hanya dilakukan sebelum keberangkatan ke Kendari. Selama di Kendari, latihan bahkan terus dilakukan. “Saya punya keyakinan mereka dapat medali. Atau paling tidak target kita sepuluh besar tercapai,” harap Dr. Iman.

Dalam satu kelas presentasi, terdapat 20 kelompok PKM yang berlaga. Urutan presentasi dilakukan secara acak, yakni peserta pertama didasarkan pada hasil undian yang diambil dewan juri, dan penyaji berikutnya diundi oleh peserta yang selesai melakukan presentasi. Dengan demikian, seluruh peserta dituntut untuk selalu mempersiapkan diri.

Presentasi mahasiswa dilakukan selama 15 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan juri selama 15 menit. Pertanyaan dewan juri pada mahasiswa bersifat eksplorasi, kreativitas, klarifikasi, pengembangan wawasan, dan pertukaran informasi ilmiah.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh