Mahasiswa Sastra Jepang Unpad Jadi Juara “Nodojiman The World” di NTV Jepang

[Unpad.ac.id, 5/10/2015] Mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia bisa melalui berbagai cara, seperti halnya pada 30 September 2015 lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan melalui NTV Jepang (Nihon Television) saat seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran menjadi juara kontes penyanyi amatir dunia yang diselenggarakan oleh NTV Jepang. Pada acara yang diberi nama “Nodojiman The World” Fatimah Zahratunnisa atau akrab disapa Ica keluar sebagai pemenang acara tersebut.

*

Fatimah Zahratunnisa *

Perjalan Ica menjuarai “Nodojiman The World” atau kontes menyanyi bahasa Jepang bagi warna negara asing edisi ke-13 ini ternyata cukup panjang. Mahasiswi kelahiran Bandung, 15 november 1994 ini  mengungkapkan, keikutsertaanya pada ajang ini berawal dari usulan teman-temannya ketika ia sedang mengkuti student exchange di Tenri Univsity Jepang tahun 2014. Pada waktu itu putri dari Drs. Iman Budiman (alm) dan Dra. Marhyaton tersebut menjadi salah satu peserta dari 6.000 peserta lainnya dari seluruh dunia.

Selanjutnya pada bulan Juli 2015 Ica mendapat telepon dari pihak penyelenggara “Nodojiman The World” bahwa ia lolos ke babak 12 besar dan harus mengikuti babak final pada awal September 2015. Gadis yang sekarang duduk di semester 8 Program Studi Bahasa dan Sastra Jepang FIB Unpad ini pun menjelaskan kepada pihak penyelenggara bahwa dirinya harus kembali ke Indonesia karena beasiswanya akan habis bulan Agustus. Mendengar kondisi tersebut pihak penyelengara memberi tawaran kepada Ica untuk menanggung semua biaya jika Ica mau mengikuti kegiatan tersebut. Tentunya gadis yang fasih berbahasa Jepang ini menyanggupi tawaran tersebut. Akhirnya setelah mengikuti serangkaian kegiatan kontes yang diselenggarakan penyelenggara, Ica berhasil memukau seluruh juri dan menjadi juara.

12063787_1659887730891691_8421988033738943353_nDekan Fakultas Ilmu Budaya Unpad, Yuyu Yohana Risagarniwa, MEd., PhD., mengatakan, prestasi yang telah diraih Ica diharapkan dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya. Selain itu, Dekan FIB juga menceritakan bahwa pada tahun 80-an juga pernah terjadi hal yang serupa, yakni Maman Suratman (salah satu dosen Program Bahasa dan Sastra Jepang FIB Unpad) menjadi juara pada kontes menyanyi bahasa Jepang bagi orang asing. *

Rilis oleh: FIB Unpad / eh