Pesan Rektor kepada Delegasi Pimnas, “Jaga Kekompakan dan Sebar Kebaikan”

[Unpad.ac.id, 2/10/2015] Dua puluh tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Padjadjaran yang akan berlaga di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 akan berangkat ke Universitas Halu Oleo, Kendari, pada Sabtu besok (3/10). Kepada tim yang akan berangkat, Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, berpesan agar Pimnas dijadikan sebagai kesempatan untuk belajar, membangun partnership, serta menjadi media untuk meningkatkan kapasitas diri, lingkungan, dan universitas di waktu mendatang.

Rektor saat melepas Delegasi Unpad ke Pimnas 28 di Bale Rucita Unpad Jatinangor, Kamis (1/10). Pimnas 28 akan berlangsung di Universitas Halu Uleo Kendari pada 5-9 Oktober 2015 (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Rektor saat melepas Delegasi Unpad ke Pimnas 28 di Bale Rucita Unpad Jatinangor, Kamis (1/10). Pimnas 28 akan berlangsung di Universitas Halu Oleo Kendari pada 5-9 Oktober 2015 (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Ini kesempatan kita belajar. Dan dari pembelajaran tadi, harus membawa kebaikan pada generasi berikutnya,” tutur Rektor di hadapan para mahasiswa dan dosen pendamping saat acara Pelepasan Delegasi Unpad untuk Pimnas ke-28, di Bale Rucita Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (1/10).

Rektor pun memberikan apresiasi kepada para mahasiswa berprestasi tersebut, dan kepada para dosen pembimbing yang telah mendorong para mahasiswa dalam menunjukkan prestasinya. Menurut Rektor, Pimnas ini juga merupakan salah satu wahana untuk mengukur indikator kinerja perguruan tinggi dari sisi pembinaan mahasiswanya. Melalui Pimnas, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI mendorong seluruh perguruan tinggi agar dapat memfasilitasi para mahasiswanya dalam menunjukkan prestasinya.

“Yang penting berikhtiar sungguh-sungguh, belajar, membangun network, meningkatkan kapasitas kita bersama-sama, dan mengambil pembelajaran untuk waktu berikutnya. Kalau ikhtiarnya seperti itu, tidak akan ada kekecewaan,” pesan Rektor.

Di Pimnas nanti, Rektor juga berharap agar para delegasi selalu membawa panji Universitas Padjadjaran. “Kebersamaan kita, kekompakan kita, saling membantu, dan menyebarkan kebaikan di sana. Itu harapan saya,” ujar Rektor.

Tahun ini, Unpad meloloskan 20 tim PKM untuk berlaga di Pimnas ke-28. Jumlah tersebut meliputi 1 tim PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT), 9 tim PKM Kewirausahaan (PKMK), 5 tim PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 4 tim PKM Penelitian Eksakta (PKMPE), dan 1 tim PKM Penelitian Sosio Humaniora (PKMPSH). Tahun ini Unpad berada pada peringkat enam perguruan tinggi yang paling banyak meloloskan timnya ke Pimnas.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh