Unpad Raih 2 Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu di Pimnas 28

[Unpad.ac.id, 9/10/2015] Universitas Padjadjaran meraih 2 emas, 2 perak, dan 3 perunggu di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 yang digelar di Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara. Atas perolehan ini, Unpad menduduki peringkat kesembilan di Pimnas 28, dan ini adalah peringkat Unpad yang paling tinggi selama berpartisipasi di ajang Pimnas.

Tim Kennedy *

Tim Kennedy *

tim “Gula Semut Berantioksidan” yang meraih emas pada kategori Poster pada Pimnas 28 di Universitas Halu Oleo Kendari, Kamis (8/10) (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Tim “Gula Semut Berantioksidan” (Foto: Purnomo Sidik)*

“Alhamdulillah target kita masuk kesepuluh besar tercapai kembali. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa memperbaiki peringkat,” harap Ketua Tim Rombongan Pimnas Unpad 2015, Dr. Iman Hernaman saat ditemui usai penutupan dan pengumuman pemenang Pimnas 28, di Stadion Mini UHO Kendari, Kamis (8/10) malam.

Dr. Iman mengungkapkan, prestasi ini diraih atas dasar persiapan yang sangat lama, dan melibatkan banyak komponen dalam tim sukses. Diharapkan kedepannya, setiap program studi di Unpad dapat menjadi ujung tombak dalam pembinaan PKM di Unpad. “Kita menginginkan prodi terlibat langsung dalam kegiatan Pimnas ini, paling tidak mereka akan membina di tingkat prodi,” harapnya.

Medali emas untuk presentasi berhasil diraih “Kennedy, Upaya Meningkatkan Kapasitas Usaha Kecil pada Produk Kelom Menjadi Tas Berciri Etnis di Indonesia” pada skim PKM Kewirausahaan (PKM-K). Sementara itu, medali perunggu presentasi berhasil diraih tim “Reaktualisasi Konsep Melayu sebagai Kerangka Kebijakan Luar Negeri RI menuju Cita-Cita Perdamaian Dunia (Tinjauan Analitik terhadap Kebijakan Normalisasi Hubungan RI-Malaysia Pasca-Konfrontasi 1967-1972) untuk skim PKM Penelitian Sosio Humaniora (PKM-PSH), dan dan tim “Agriland, Sentra Agribisnis Indonesia Terpadu di Tol Laut” pada skim PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT).

Untuk Poster, medali emas diraih tim “Aplikasi Ekstrak Kulit Manggis pada Pembuatan Gula Semut Berantioksidan” pada skim PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE). Sementara medali perak diraih tim ”Sel- Surya Padat dari Material Baterai Bekas Mobil dalam Upaya Peningkatan Nilai Tambah (Added Value) dan Penyelamatan Lingkungan” pada skim PKM-PE, dan tim “Agriland, Sentra Agribisnis Indonesia Terpadu di Tol Laut” pada skim PKM-GT. Selain itu, medali perunggu berhasil diraih tim “Saron Berbasis Tracking Tangan oleh Sensor Kinect (Stark Technology) pada skim PKM Karsa Cipta (PKMKC).

Juara Pimnas tahun ini diraih oleh Universitas Brawijaya, Malang, yang berhak memboyong piala bergilir Pimnas Adikarta Kertawidya. Disusul kemudian oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di peringkat kedua dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya di peringkat 3. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh