Usai Pameran Poster dan Gelar Produk, Peserta Optimis Raih Hasil Terbaik

[Unpad.ac.id,8/10/2015] Penilaian Pameran Poster dan Gelar Produk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh juri pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 28 telah selesai dilakukan Rabu (7/10) kemarin. Pameran Poster dan Gelar Produk ini dilakukan di Gedung Sport Center dan Gedung Pusat Kewirausahaan Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara.

Suasana Pameran Poster dan Gelar Produk di Universitas Halu Oleo Kendari (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Suasana Pameran Poster dan Gelar Produk di Universitas Halu Oleo Kendari (Foto oleh: Purnomo Sidik)*

Penilaian poster dilakukan oleh tim juri yang secara khusus mengamati langsung poster dan produk PKM. Ketika penilaian, salah satu anggota kelompok PKM diwajibkan berada di stan posternya, serta siap menjawab berbagai pertanyaan juri. Adapun untuk gelar produk pada Pimnas 28 ini tidak dilakukan penilaian, yakni bersifat komplementer atas poster yang dipamerkan.

Sejumlah tim delegasi Unpad pun mengaku lega atas dituntaskannya proses penilaian mereka pada Pimnas kali ini. Mereka optimis akan meraih medali.

“Lega karena sudah selesai untuk penilaian posternya,” ujar Chandra T Aditya Gunawan dari PKM Kewirausahaan “Kreasi Hebat dan Unik Limbah Daun Cap Batik (Kerabat Ulin Cantik)” yang mengaku yakin akan meraih prestasi di kelas poster ini.

Rasa optimis juga disampaikan Maya Nordian dari kelompok PKM Gagasan Tertulis “Agriland, Sentra Agribisnis Indonesia Terpadu di Tol Laut”. “Rasanya deg-degan, tapi kami bahwa yakin konsep kami ini dan posternya itu Insya Allah bakal menang, dan dapat emas,” ujar Maya optimis.

Berbagai pertanyaan yang dilontarkan juri diantaranya adalah mengenai konsep PKM, alat peraga, hingga mengenai desain poster mencakup pemilihan huruf, warna, dan konten. “Kata juri, ini konsepnya sudah bagus,” ungkap Maya.

Sementara Gina Nurhabibah dari PKM Karsa Cipta “Magnetic Induction for Charging Device (Magic Force)” mengatakan bahwa semua pertanyaan juri dapat teratasi dengan baik. “Sedikit tegang, tapi bisa teratasi dengan baik karena memang pertanyaannya memang bisa dijawab,” ungkapnya.

Bukan hanya memberi pertanyaan, para juri juga memberikan sejumlah saran untuk pengembangan produk. Bahkan, Gina mengungkapkan bahwa ada juri yang sangat tertarik dengan alat yang dibuat oleh kelompoknya ini, dan berharap alatnya ini dapat segera dikomersilkan.

Dari tim lain, Rakean Hafidz Suardaya dari kelompok PKM Kewirausahaan “Kalung Kecambah Cinta Lingkungan (Kakecili)” mengaku dapat menjawab pertanyaan dari para juri dengan baik. Sama seperti kelompok lain, selain memberikan pertanyaan, para juri juga memberikan saran-saran membangun. “Mudah-mudahan beruntung,” harapnya.

Pameran Poster dan Gelar Produk dan Poster PKM ini telah dibuka Selasa (6/10) lalu, oleh Ketua Pimnas 28, Mustarum Musaruddin, ST, MIT, Ph.D, Rektor Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Ir. H. Usman Rianse, M.S. dan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Intan Ahmad, di Gedung Sport Center UHO. Pemasangan poster dan gelar produk PKM sendiri sudah dilakukan sejak Senin, (5/10), dan pameran ini akan ditutup pada Kamis (8/10). Selanjutnya, penutupan dan pengumuman pemenang Pimnas akan dilakukan pada Kamis malam ini.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh