Rektor Resmikan Perpustakaan Djoehana Wiradikarta Fakultas Kedokteran Unpad

[Unpad.ac.id, 20/05/2016] Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad meresmikan Perpustakaan “Djoehana Wiradikarta” Fakultas Kedokteran di Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jalan Eijkman No.38, Bandung, Jumat (20/05). Perpustakaan ini merupakan pengembangan dari perpustakaan sebelumnya atas kerja sama FK dengan Ikatan Alumni FK Unpad.

Pengguntingan pita

Pengguntingan pita peresmian Perpustakaan “Djoehana Wiradikarta” Fakultas Kedokteran di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jln. Eijkman No. 38 Bandung, Jumat (20/05). (Foto oleh: Tedi Yusup) *

Peresmian tersebut dihadiri oleh pimpinan FK Unpad, pengurus Ika FK Unpad, jajaran direksi RSUP Dr. Hasan Sadikin dan RS Mata Cicendo Bandung, Kepala UPT Perpustakaan Unpad Wina Erwina, dra., M.A., keluarga besar Prof. Dr. Rd. M. Djoehana Wiradikarta, serta guru besar dan alumni FK Unpad. Turut hadir Ketua Umum Ika Unpad, Hikmat Kurnia.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, perpustakaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas pendidikan. “Ini adalah upaya kita membangun kesadaran terhadap inspirasi dan nilai-nilai bagaimana membangun universitas kita ke depan,” kata Rektor.

Penamaan Djoehana Wiradikarta sebagai nama perpustakaan dipandang tepat, mengingat peran kuat almarhum Prof. Dr. Rd. M. Djoehana terhadap perkembangan FK Unpad. Prof. Djoehana ini merupakan Dekan pertama FK Unpad pada tahun 1957. “Ini valuenya lebih dari sekadar pendirian sebuah perpustakaan,” imbuh Rektor.

Selain menyediakan ilmu, perpustakaan ini juga menjadi wadah bagi penyampaian nilai-nilai yang dikembangkan Prof. Dr. Rd. M. Djoehana maupun pendiri FK lainnya kepada generasi muda. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi pengelola untuk bisa mengembangkan perpustakaan lebih dari sekadar pusat informasi.

“Mari kita manfaatkan perpustakaan ini untuk mereaktivasi lagi nilai-nilai filsafat kedokteran untuk menjawab tantangan kemajuan zaman saat ini,” tutur Rektor.

Sementara Person In Charge (PIP) pengembangan Perpustakaan FK Unpad, Prof. Dr. Endang Sutedja, mengatakan, perpustakaan ini merupakan implementasi dari program “Ayakan” atau Alumni Nyaah ka Perpustakaan yang dilakukan Ika FK Unpad.

Berdasarkan hasil rapat kerja pengurus Ika FK Unpad, ada kesepakatan untuk merenovasi perpustakaan FK Unpad yang terletak di lantai VI Gedung RSP Unpad. Diharapkan, keberadaan perpustakaan di FK Unpad menjadi lebih representatif.

“Sarana yang kami perbaiki adalah pemasangan CCTV, penambahan ruang Tesis, pemasangan AC dan stop kontak, pemasangan meja diskusi, serta mengembangkan sistem software perpustakaan,” jelasnya.

Prof. Endang menjelaskan, pengusulan nama Prof. Djoehana merupakan hasil dari kesepakatan bersama dengan anggota senat FK Unpad. Ia berharap, dengan pengembangan perpustakaan ini juga menjadi ruang alumni untuk berkontribusi kuat bagi pengembangan almamater.

“Harapan kami, jangan sampai inisiasi para alumni ini tidak dilanjutkan oleh pengelola,” pungkasnya.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh