Unpad Resmikan Berdirinya Center for Sustainable Development Goal Studies

[Unpad.ac.id, 20/05/2016] Universitas Padjadjaran meresmikan Center for Sustainable Development Goal Studies atau SDGs Center yang diharapkan dapat memainkan peran secara optimal agar agenda pembangunan berkelanjutan dapat tercapai demi Indonesia yang lebih adil dan sejahtera di masa yang akan datang. Peresmian dilakukan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Jumat (20/05).

Direktur SDGs Center Unpad, Prof. Armida S. Alisjahbana, tokoh pembangunan berkelanjutan Prof. Emil Salim, dan para Wakil Rektor Unpad meresmikan berdirinya SDGs Center Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jumat (20/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Direktur SDGs Center Unpad, Prof. Armida S. Alisjahbana, tokoh pembangunan berkelanjutan Prof. Emil Salim, dan para Wakil Rektor Unpad meresmikan berdirinya SDGs Center Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jumat (20/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Peresmian SDGs Center dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi, dan Usaha Unpad, Dr. Keri Lestari, S.Si., MSi., Apt mewakili Rektor Unpad, didampingi oleh Prof. Emil Salim, Prof. Armida S. Alisjahbana, dan para Wakil Rektor Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata.

“Pendirian SDGs Center ini merupakan salah satu langkah transformasi Unpad menuju universitas generasi ketiga yang memerankan diri sebagai knowledge hub dan lebih memberi maslahat lagi kepada masyarakat,” ujar Dr. Keri Lestari.

Dalam mendukung SDGs, lanjut Dr. Keri, Unpad memulainya dengan menyentuh kepentingan kota, Kabupaten, dan provinsi di Jawa Barat melalui program Unpad Nyaah ka Jabar yang diharapkan akan berdampak secara luas ke tingkat nasional dan global.

Dalam sambutannya, Direktur SDGs Center Unpad, Prof. Armida S. Alisjahbana mengatakan, pendirian SDGs Center merupakan gagasan dari Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, yang peduli dengan isu pembangunan berkelanjutan. “Selain itu, SDGs juga telah menjadi komitmen semua negara di dunia,” ujar Prof. Armida, Guru Besar Unpad yang saat ini juga menjadi penasihat independen PBB untuk SDGs.

Sementara Direktur Eksekutif SDGs Center Unpad, Dr. Arief Anshory Yusuf, memaparkan, misi SDGs Center Unpad adalah menghasilkan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian serta menghasilkan inovasi dan strategi untuk mencapai; memonitor kemajuan pencapaian SDGs secara independen; mengarusutamakan SGDs dalam penelitian dan kebijakan; serta memfasilitasi dialog antar pemangku kepentingan. Semua misi tersebut ditujukan untuk visi pencapaian SDGs Indonesia pada tahun 2030.

Usai peresmian SDGs Center, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan tokoh pembangunan berkelanjutan dari Universitas Indonesia, Prof. Emil Salim, dan Direktur King’s International Development Institute dari King’s College London, Dr. Andy Sumner, dan moderator Direktur Kerja Sama Unpad, Dr. Parikesit. *

Website SDGs Center Unpad, kunjungi http://sdgcenter.unpad.ac.id/

Laporan oleh: Erman