Fasilitas Asrama Unpad Fokus untuk Bantu Mahasiswa Bidikmisi

[Unpad.ac.id, 20/07/2016] Universitas Padjadjaran menyediakan layanan asrama di wilayah kampus Jatinangor untuk sejumlah mahasiswa baru.  Selain untuk mahasiswa wajib asrama dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi, keberadaan asrama ini difokuskan untuk mahasiswa Bidikmisi.

asrama padjadjaran 2 watermarkKepala UPT Pengelolaan Asrama Unpad, Drs. Sunggoro Tri Rahardjo, M.Si. mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menyediakan asrama untuk 700 mahasiswa Bidikmisi yang berlokasi di Asrama Padjadjaran 1 dan 2, Asrama dari Kementerian Perumahan Rakyat, dan Asrama dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Fokus saat ini, UPT Pengelolaan Asrama Unpad menyelenggarakan akomodasi bagi mahasiswa Bidikmisi,” ungkap Sunggoro.

Adapun fasilitas yang akan diperoleh oleh mahasiswa adalah tempat tidur, meja belajar, lemari pakaian, kamar mandi, tempat menjemur pakaian, dan pantry sederhana. “Itu lah yang disediakan, kebutuhan dasar minimal dari seorang mahasiswa agar dia bisa fokus pada proses belajarnya,” ujarnya.

Setelah melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru Unpad, peserta Bidikmisi ini bisa langsung menghubungi UPT Pengelolaan Asrama Unpad untuk mendapatkan tempat di asrama. Untuk tinggal di asrama ini, mahasiswa diharuskan membayar biaya sebesar Rp 125 ribu setiap bulannya.

Kedepannya, Unpad berencana akan menempatkan seluruh mahasiswa baru untuk ditempatkan di asrama selama satu tahun. Selain sebagai sebuah tempat tinggal, asrama Unpad merupakan sebuah tempat untuk turut membentuk karakter para mahasiswa, serta menyiapkan mereka agar dapat lulus tepat waktu, berprestasi, dan menjadi lulusan yang unggul kedepannya.

“Rencana kedepan dari Unpad, menyiapkan sebuah blok asrama yang menampung seluruh mahasiswa tahun ajaran pertama,” ungkap Sunggoro. Setelah tahun pertama, para mahasiswa tidak wajib asrama agar mereka dapat lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat lingkungan sekitar kampus.

Selain itu, saat ini Unpad juga sedang mendata sejumlah tempat kost di Jatinangor dan mengindentifikasi kelayakannya. Diharapkan, seluruh mahasiswa Unpad dapat  tinggal di tempat yang benar-benar layak, seperti kondisi air dan udara yang baik, kebersihan yang dijaga, berada di lokasi yang aman, dan nyaman untuk dijadikan tempat belajar mahasiswa. Sejumlah tempat kos akan diajak untuk bermitra dengan Unpad dalam menciptakan hunian yang layak bagi mahasiswa.

“Target Unpad adalah mencetak Sarajana yang unggul. Artinya, kalau bicara tentang unggul, semua infrastrukturnya harus bagus. Salah satu infrastruktur pendukungnya adalah tempat tinggal mereka. Tempat tinggal tersebut tentunya harus memenuhi standar hunian yang bisa membuat mahasiswa dapat belajar dan kuliah dengan kondisi yang optimal,” ujar Sunggoro.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai asrama Unpad, dapat langsung menghubungi kantor UPT Pengelolaan Asrama di ExPedca kampus Unpad Jatinangor dan Asrama Pemprov Jabar Jatinangor. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: