Ingin Kembangkan Pengelolaan Unit Layanan Terpadu, Unpad Kunjungi ULT Kemdikbud

Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, berbincang dengan ... saat kunjungan Unpad ke Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Kamis (28/07). (Foto oleh: Artanti Hendriyana)*

[Unpad.ac.id, 29/07/2016] Unit Layanan Terpadu Universitas Padjadjaran melakukan studi komparatif ke Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (28/07). Tim Unpad yang turut mengikuti kegiatan ini adalah Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik, Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si, beserta tim ahli perumus  Layanan Terpadu Unpad yaitu Dr. Drs. Heru Nurasa, M.Si, Dr. Rer. Nat. Ir. Suseno Amien, dan Bonti, S.AP.,M.Si. kemudian, para Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di lingkungan Unpad, serta para staf Unit Layanan Terpadu Unpad.

Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim, berbincang dengan ... saat kunjungan Unpad ke Unit Layanan Terpadu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Kamis (28/07). (Foto oleh: Artanti Hendriyana)*
Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad, Dr. Soni A. Nulhaqim (kanan), berbincang dengan pengelola Unit Layanan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Kamis (28/07). (Foto oleh: Artanti Hendriyana)*

“Kami ingin belajar, bagaimana layanan terpadu di sini,” kata Dr. Soni saat menyampaikan sambutannya.

Rombongan dari Unpad diterima oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud Asianto Sinambela, beserta Kepala Bagian Layanan Terpadu, Setiono, dan sejumlah Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian di lingkungan Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud.

Dalam kesempatan tersebut, Asianto Sinambela mengungkapkan bahwa ULT Kemendikbud dibentuk pada April 2015. ULT pun menjadi salah satu produk andalan untuk meningkatkan citra Kemendikbud. Secara berkala, pihaknya melakukan survei untuk mengukur performa pelayanan mereka.

“Dari pengalaman kami, tingkat antusiasme masyarakat dalam memberikan apresiasi itu meningkat terus, karena memang mereka bisa mendapatkan pelayanan yang cepat sesuai dengan ekspetasi mereka,” ungkap Asianto.

Sementara itu, Setiono mengungkapkan bahwa Bagian Layanan Terpadu Kemendikbud berada di bawah Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, selain juga bagian lain seperti Bagian Informasi, Bagian Publikasi, dan Bagian Hubungan Antar Lembaga.

Dari kunjungan Unpad ini, ia pun mengharapkan akan ada sinergi antara kedua pihak dalam melakukan pelayanan masyarakat. Selain itu, ia juga mengharapkan tim Unit Layanan Terpadu Unpad dapat memberikan kajian akademik terhadap layanan ULT Kemendikbud.

ult2ult3Ditemui usai acara, Dr. Soni mengungkapkan bahwa Unpad melakukan kunjungan ke Kemendikbud karena unit ini memiliki banyak persamaan dengan unit layanan terpadu yang tengah dikembangkan Unpad. ULT Kemendikbud pun dinilai sudah dapat membuktikan proses layanan yang baik pada masyarakat.

“Kita saat ini sebenarnya yang utama adalah belajar best practice layanan terpadu di Kemendikbud. Ini juga kita terbuka untuk belajar di unit-unit yang lainnya,” ungkap Dr. Soni.

Saat ini, Unpad terus melakukan pegembangan Unit Layanan Terpadu yang lebih komprehensif. Tim Layanan Terpadu juga tengah melakukan pengolahan kategorisasi layanan dari setiap Direktorat yang ada di Unpad. Setidaknya, ada 624 jenis layanan yang sedang disiapkan dan akan dikategorisasikan.

“Unit ini akan memberikankan layanan, baik pada mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, maupun masyarakat, yang ingin mendapatkan layanan di Universitas Padjadjaran, khususnya  di kantor Rektorat,” kata Dr. Soni.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

 

Share this: