Global Insight Presentasikan Informasi Studi dan Beasiswa Luar Negeri

Salah satu presentasi

[Unpad.ac.id, 30/08/2016] Untuk membuka wawasan civitas academica Universitas Padjadjaran mengenai informasi studi lanjut dan beasiswa di luar negeri, Unpad melalui Direktorat Kerja Sama menggelar Global Insight di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (30/08). Sebanyak 19 perwakilan perguruan tinggi luar negeri dan lembaga donor internasional berpartisipasi dalam acara ini.

Salah satu presentasi
Salah satu lembaga yang mempresentasikan peluang beasiswa pada pelaksanaan Global Insight Unpad di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Selasa (30/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Global insight ini lebih dititik beratkan pada kegiatan yang mendukung kegiatan akademik, karena melalui global insight ini kita menghadirkan perguruan tinggi luar negeri, dan didukung juga oleh kehadiran dari lembaga donor internasional,” ungkap Direktur Kerja Sama, Parikesit, M.Sc., Ph.D. saat ditemui di sela kegiatan.

Di acara ini, perwakilan universitas dan lembaga donor melakukan presentasi mengenai masing-masing lembaganya. Selain itu, perwakilan universitas dan lembaga donor juga mengisi stan di sekitar Gedung Rektorat Unpad, untuk melakukan layanan informasi lebih lanjut kepada civitas academica Unpad.

“Perguruan tinggi yang hadir memberikan paparan, intinya memberikan informasi tentang perguruan tinggi mereka, termasuk juga bagaimana peluang mendapatkan beasiswa dari perguruan tinggi masing-masing. Nanti lembaga donor akan memberikan support apabila ada dari mahasiswa atau dosen yang berminat melanjutkan studi ke luar negeri, nanti melamar beasiswanya melalui lembaga donor yang hadir hari ini,” jelas Parikesit.

Dengan digelarnya kegiatan ini, Parikesit pun mengharapkan akan semakin terbuka peluang civitas academica Unpad untuk melakukan studi di luar negeri, terutama melalui program beasiswa.

“Tidak hanya itu, kami juga mendorong khususnya dosen untuk bisa menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam membangun international joint research,” ujar Parikesit.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, didampingi oleh Ketua Senat Akademik Prof. Oekan Soekotjo Abdoellah dan Rektor ke-tujuh Unpad, Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc, bersamaan dengan pembukaan International Day 2016.

Dengan adanya kesempatan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, Rektor pun berharap bahwa kesempatan ini bukan hanya digunakan untuk meningkatkan kapasitas diri, melainkan juga untuk mengenalkan budaya Indonesia ke luar negeri.

“Kegiatan ini membuka kesempatan bagi yang ingin kuliah di luar negeri, tidak hanya untuk meningkatkan atau mengembangkan kapasitas diri, tetapi juga untuk mengenalkan budaya Indonesia ke komunitas global,” ujar Rektor.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh  

Share this: