Unpad Resmikan Beroperasinya Pusat Pelayanan Terpadu dan Pusat Data Jawa Barat

[Unpad.ac.id, 22/08/2016] Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad meresmikan Pusat Pelayanan Terpadu Unpad dan Pusat Data Jawa Barat di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Senin (22/08). Peresmian ini dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Rektor ke-7 Unpad Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc., dan Rektor ke-9 Unpad Prof. Dr. H. A. Himendra Wargahadibrata, dr., Sp.An., KIC.

Rektor ke-7 Unpad, Prof. Yuyun Wirasasmita, disaksikan Rektor Unpad saat ini, Prof. Tri Hanggono Achmad, menggunting pita peresmian Pusat Pelayanan Terpadu di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (22/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Rektor ke-7 Unpad, Prof. Yuyun Wirasasmita disaksikan Rektor Unpad saat ini, Prof. Tri Hanggono Achmad (kiri), menggunting pita peresmian Pusat Pelayanan Terpadu di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Senin (22/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Mudah-mudahan dengan tata kelola seperti ini, layanan kepada publik lebih baik dan kita bisa melakukan tata kelola dengan lebih baik lagi,” kata Rektor usai peresmian Pusat Pelayanan Terpadu Unpad.

Pusat Pelayanan Terpadu Unpad berada di Lantai 1 Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Disini, terdapat 624 jenis layanan dari 11 rektorat yang di Unpad. Layanan ini terbagi dalam 5 kategori, terdiri dari layanan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan, teknologi informasi, internasional, dan umum. Layanan yang tersaji meliputi layanan informasi hingga layanan yang bersifat  teknis, seperti pencetakan KTM baru, pelayanan KRS dan sebagainya.

“Melayani semua layanan yang ada di level Rektorat, baik ditujukan bagi dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, atau juga mitra Unpad, dan juga jejaring kita di internasional,” kata Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik, Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos., M.Si.

Dr. Soni juga mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi untuk menyempurnakan layanan, baik dari sisi sistem maupun fasilitas pendukungnya. Ia pun berharap, Pusat Pelayanan Terpadu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penggunanya.

“Silakan untuk mahasiswa, tenaga kependidikan dan dosen, manfaatkan layanan-layanan yang ada disini,” ujar Dr. Soni.

Wagub Jabar melihat Pusat Data Jawa Barat

Wagub Jabar melihat Pusat Data Jawa Barat

Sementara itu, Pusat Data Jawa Barat berada di Lantai 2 Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Di Pusat Data ini, tersaji berbagai informasi lengkap, mulai dari apa yang terjadi di Unpad hingga Jawa Barat.

“Juga ada informasi terkait BUMN. Jadi BUMN-BUMN yang memang masuk ke dalam BUMN Center of Excellence di Unpad,” ungkap Direktur Teknologi dan Sistem Informasi, Drs. Gatot Riwi., M.Si.

Adapun data yang tersaji mengenai Jawa Barat diantaranya mencakup luas wilayah, jumlah penduduk, potensi, hingga angka kemiskinan di setiap Kota/Kabupaten di Jabar. Kedepannya, Unpad akan terus melengkapi data ini, sehingga diharapkan informasi yang ada di Unpad dapat dimanfaatkan untuk membuat kebijakan-kebijakan.*

Foto oleh: Tedi Yusup dan Dadan T (Humas Unpad)

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh