Peringati Dies Natalis ke-57, FKG Unpad Gelar Berbagai Workshop Keterampilan Kedokteran Gigi

Suasana salah satu workshop yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-57 FKG Unpad di Bale Atikan (Unpad Training Center), Kamis (22/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 23/09/2016] Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para dokter gigi, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran menggelar Hands on atau workshop mengenai berbagai keterampilan di kedokteran gigi. Acara ini digelar di Bale Atikan (Unpad Training Center), Jln. Ir. H. Djuanda No. 4 Bandung, Jumat (23/09) sebagai bagian dari pre-event peringatan Dies Natalis ke-57 FKG Unpad .

Suasana salah satu workshop yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-57 FKG Unpad di Bale Atikan (Unpad Training Center), Kamis (22/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana salah satu workshop yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis ke-57 FKG Unpad di Bale Atikan (Unpad Training Center), Kamis (22/09). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Ketua Panitia Dies FKG Unpad, Nanan Nur’aeny, drg, Sp.PM mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini, dilatih sejumlah keterampilan yang diperlukan oleh dokter gigi, baik soft skills maupun hard skills. “Terutama untuk bidang-bidang tertentu yang memerlukan update skill,” ujar drg. Nanan.

Kegiatan ini terbagi dalam sembilan tema pelatihan yang pelaksanannya terbagi  dalam sembilan kelas. Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah dokter gigi umum di Bandung. Bertindak sebagai instruktur pada pelatihan ini adalah para staf pengajar FKG Unpad yang kompeten di bidangnya.

Sembilan pelatihan tersebut yaitu Diagnosis dan Perawatan Disfungsi Sendi Temporomandibular, Menghitung Unit Cost dan Kapan Balik Modal untuk Praktik Pribadi Mandiri atau Rekanan dengan BPJS, Diabetes Melitus from Basic Science to Manifestation, Exercise, and Hipnotic Therapy, Creating Direct Composite Veneer with Beautiful Esthetic Results, The Management of Space in Mixed Dentition Orthodontic Treatment, Identifikasi Klinis Lesi Ulserasi Rongga Mulut untuk Diagnosa dan Tatalaksana, Simple Odontectomy for General Practitioner, Creating Direct Composite Veneer with Beautiful Esthetic Results, Simple Radiographic Inflamation and Lesion Interpretation and Lesion Interpretation of for Daily Practice, dan Inclined Bite Plane.

dies-natalis-fkg-3-tedidies-natalis-fkg-1-tediAdapun puncak Dies FKG Unpad akan digelar Sabtu (24/09) besok di kampus Iwa Koesoemasoemantri, Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, dengan acara utama Seminar Ilmiah di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad. Seminar ini akan menghadirkan pembicara utama Dr. Zaki Mubarak, drg., M.S., Prof. Achmad Syawqie Yazid, drg., M.S., Dr. Yosi Eriwati, drg., M.S., dan Dr. Sri Susilawati, drg., M.Kes. Selain para pembicara utama tersebut, juga akan ada puluhan makalah ilmiah yang dipresentasikan.

Selain seminar ilmiah, besok juga akan digelar Fun Run, bakti sosial dan donor darah,  bazaar, pemeriksaan gigi gratis, dan lomba zumba. Selain civitas academica FKG Unpad, kegiatan ini juga akan melibatkan masyarakat sekitar kampus Unpad Bandung.

“Kami ingin semua terlibat memperingati ulang tahun FKG ini. Semua civitas, juga tenaga kependidikan, dan masyarakat umum harus merasakan keberadaan FKG ini,” ungkap drg. Nanan.

Adapun tema besar yang diangkat dalam Dies FKG Unpad kali ini adalah mengenai pendidikan berkelanjutan kedokteran gigi untuk menciptakan dokter gigi yang profesional di era masyarakat ekonomi ASEAN.

“Kita harus terus memperbarui diri dengan skill, teori, dan ilmunya,” ujar drg. Nanan.

Ia pun mengharapkan bahwa di usia FKG Unpad yang ke-57 ini, FKG Unpad dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat. Diharapkan pula, hasil-hasil penelitian FKG Unpad pun akan semakin bermanfaat bagi perkembangan ilmu kedokteran gigi secara luas.

“Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia,” harap drg. Nanan.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: