Unpad Dorong Ormawa Susun Program Kerja yang Prestatif

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., saat memberi arahan pada Focus Group Discussion yang diikuti perwakilan BEM, BPM, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas dan fakultas, di Aula Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Rabu (7/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 7/12/2016] Universitas Padjadjaran melalui Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan mendorong organisasi kemahasiswaan (ormawa) tingkat universitas menyiapkan rencana program kerja untuk dimasukkan ke dalam agenda kerja universitas tahun 2017. Program kerja ini diharapkan bukan hanya aktivitas rutinitas, tetapi juga mampu memberikan penguatan prestasi bagi Unpad.

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., saat memberi arahan pada Focus Group Discussion yang diikuti perwakilan BEM, BPM, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas dan fakultas, di Aula Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Rabu (7/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., saat memberi arahan pada Focus Group Discussion yang diikuti perwakilan BEM, BPM, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas dan fakultas, di Aula Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Rabu (7/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., mengatakan, program kerja prestatif ini diharapkan dapat mengangkat nama Unpad baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal tersebut disampaikan Prof. Reiza melalui acara Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh perwakilan BEM, BPM, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas dan fakultas, di Aula Gedung PPBS Unpad Jatinangor, Rabu (7/12).

“Kita fasilitasi ormawa agar mereka bisa matang dalam menyusun program kerja yang prestatif. Diharapkan, pada saat mereka ikut kompetisi/lomba, mereka di sana bukan sebagai partisipasi, tetapi berkompetisi,” ujar Prof. Reiza di sela pelaksanaan FGD.

Guru Besar FIB Unpad ini menilai, program kerja penting dimiliki oleh seluruh organisasi kemahasiswaan. Ini menandakan keberlanjutkan dari aktivitas organisasi di tahun-tahun mendatang. Pelaksanaan program kerja ini juga berpengaruh pada capaian IKK Universitas Padjadjaran.

Untuk itu, lanjut Prof. Reiza, perlu dibuat program kerja yang sangat matang berdasarkan hasil proyeksi di masa datang. Dengan demikian, program ini tidak menjadi program yang asal-asalan, tetapi terukur, mampu memberdayakan pelaksana organisasi, dan teranggarkan.

Digelarnya FGD ini bertujuan memberikan pemahaman terkait mekanisme penyusunan program kerja kepada para anggota organisasi kemahasiswaan. Prof. Reiza berpendapat, selama ini banyak mahasiswa yang belum mengetahui bagaimana suatu program dibuat, terutama berkaitan dengan aspek perencanaan dan keuangan.

ormawa-1-tediDari catatan Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan, selama ini banyak proposal program yang masuk di luar program yang sudah teranggarkan di universitas. Padahal dalam konteks sistem keuangan, seluruh kegiatan yang dilaksanakan universitas seharusnya sudah masuk ke dalam program kerja per tahun.

“Penting untuk menyiapkan dengan baik kegiatan di 2017, agar kegiatan tersebut menjadi lebih baik, terukur, dan kontributif terhadap apa yang menjadi IKU-IKK Unpad,” jelas Prof. Reiza.

Prof. Reiza sendiri menargetkan, pada Jumat (9/12) mendatang, setiap organisasi kemahasiswaan tingkat universitas dapat melaporkan rencana program kerja untuk 2017. “Meski waktunya mepet, kita optimis bisa memanfaatkan waktu 2 hari itu,” kata Prof. Reiza.

Agar para mahasiswa lebih paham terkait penyusunan program kerja, pihaknya juga mengundang Direktur Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad, Irvan Afriandi, dr., Grad. Dipl. OEH., MPH., Dr.PH., dan Direktur Keuangan dan Logistik Unpad, Edi Jaenudin, S.E., Ak., M.Si., untuk berbicara terkait sisi perencanaan program dan kegiatan kemahasiswaan serta bagaimana penganggaran dan pengelolaan keuangan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: