Dorong Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, PT. Pertamina Hulu Energi Lakukan Kerja Sama dengan Unpad

[Unpad.ac.id, 9/2/2017] Universitas Padjadjaran menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT. Pertamina Hulu Energi (PHE). Penandatanganan dilakukan langsung Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Direktur Utama PT. PHE, R. Gunung Sardjono Hadi di Ruang Executive Lounge Unpad, Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (9/2).

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dan Direktur Utama PT. PHE, R. Gunung Sardjono Hadi menandatangani Nota Kesepahaman di Ruang Executive Lounge Unpad, Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (9/2). (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dan Direktur Utama PT. PHE, R. Gunung Sardjono Hadi menandatangani Nota Kesepahaman di Ruang Executive Lounge Unpad, Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Kamis (9/2). (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Gunung mengatakan, kerja sama yang akan dilakukan antara PT. PHE dengan Unpad adalah dalam hal pengembangan sumber daya manusia. Dalam hal ini, Unpad menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi institusi untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia di tubuh PT. PHE.

“Kita harapkan Unpad mau menerima staf kami untuk melanjutkan studi di program Magister dan Doktor,” kata Gunung.

Selain kerja sama pengembangan sumber daya manusia, Unpad juga menjadi fasilitasi PT. PHE untuk melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai anak perusaan PT. Pertamina Persero yang bergerak di bidang eksplorasi, pengembangan, serta produksi migas dan energi upstream, PT. PHE memiliki 56 anak perusahaan yang beberapa diantaranya bergerak di lingkup pendidikan.

“Anak perusahaan kami bisa melaksanakan program CSR diantaranya untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa Unpad,” ujarnya.

Ia pun menilai, Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ini dibuktikan dengan banyaknya tenaga kerja lulusan Unpad yang banyak memegang jabatan strategis di PT. PHE.

Sementara itu, Rektor mengapresiasi komitmen kerja sama dengan PT. PHE. Ia pun membuka kesempatan bagi tenaga kerja PT. PHE untuk melanjutkan studi di seluruh bidang keilmuan di Unpad. Sebab, penguatan kapasitas SDM di PT. PHE tidak hanya terfokus pada ilmu geologi ataupun ilmu teknis lainnya, tetapi juga menyangkut ke ranah ilmu sosial.

“Tidak jarang permasalahan eksplorasi itu muncul di aspek sosial,” kata Rektor.

Lebih lanjut Rektor menuturkan, kerja sama dengan PT. PHE ini merupakan upaya untuk menjawab tantangan permasalahan bangsa. Berbagai masalah saat ini tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu bidang institusi, tetapi menuntut adanya kerja sama berbagai sektor.

Bentuk kerja sama lain yang didorong Rektor adalah menghasilkan riset bersama. Riset ini diharapkan dapat menjadi penyelesaian dari berbagai permasalahan, baik di tubuh PT. PHE maupun di masyarakat. “Berbagai bentuk penyelesaian masalah sosial basisnya selalu dilakukan studi terlebih dahulu,” imbuh Rektor.

Untuk itu, pola pendidikan Pascasarjana yang akan dikembangkan ialah berbasis open extended campus. Staf PT. PHE, lanjut Rektor, tidak perlu sering meninggalkan tugas untuk menuntut ilmu ke Unpad. “Kami akan kirim Profesornya ke PT. PHE. Mahasiswa akan dijamin berprestasi jika mampu menyelesaikan permasalahan di PT. PHE melalui penelitiannya,” kata Rektor.

Dalam acara penandatanganan tersebut, turut hadir Dekan Fakultas Teknik Geologi, Dr. Vijaya Isnaniawardhani, M.T., serta sejumlah manajer kerja sama fakultas di lingkungan Unpad.*
Laporan oleh Arief Maulana / wep