Rektor Unpad Resmi Lantik 1940 Wisudawan

[Unpad.ac.id, 7/2/2017] Universitas Padjadjaran melantik 1940 wisudawan pada pelaksanaan Wisuda Unpad Gelombang II Tahun Akademik 2016 – 2017 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, 7-8 Februari. Wisudawan yang dilantik berasal dari program Doktor, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana, dan Diploma.

Rektor Unpad Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. menyampaikan pidato pada Wisuda Lulusan Gelombang II Tahun Akademik 2016/2017 di Graha Sanusi Hardjadinata , kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran, Bandung. (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Rektor Unpad Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. menyampaikan pidato pada Wisuda Lulusan Gelombang II Tahun Akademik 2016/2017 di Graha Sanusi Hardjadinata , kampus Iwa Koesoemasoemantri Universitas Padjadjaran, Bandung. (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Dalam pidatonya, Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad mendorong wisudawan agar tetap menjalin tali silaturahmi dengan almamater. “Mari kita bersama-sama bahu-membahu mendarmabaktikan potensi masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi bangsa dan negara,” ujar Rektor.

Transformasi merupakan langkah Unpad pasca menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Sebagai PTN Badan Hukum, Unpad harus mampu meningkatkan kualitas institusi dan pengabdian kepada masyarakat.

Merespons perkembangan peran perguruan tinggi di tingkat global, aspek inovasi menjadi upaya yang terus didorong Unpad. Rektor mengatakan, perguruan tinggi berperan sebagai mesin utama pelaku riset yang bertujuan menghasilkan hal baru yang mengarah pada inovasi.

Untuk itu, melalui Rencana Strategis Unpad 2015-2019, Unpad telah menetapkan rencana penguatan kapasitas inovasi dan kebijakan yang unggul sebagai bagian dari internal business process.

“Sebagai konsekuensi, Unpad berkeyakinan bahwa inovasi perlu dilandasi oleh nilai-nilai etik yang menjamin bahwa inovasi tidak akan disalahgunakan atau berdampak negatif bagi masyarakat. Sebaliknya, inovasi yang dikembangkan harus memberi masyarakat bagi masyarakat luas,” paparnya.

Dalam mewujudkan inovasi, Unpad berkomitmen agar seluruh dosen Unpad terlibat dalam hibah riset internal. Hibah ini merupakan riset terintegrasi dengan pembelajaran dan pengabdian masyarakat. Dengan demikian luaran riset ini ialah menghasilkan dampak kuat kepada masyarakat sekaligus meningkatkan jumlah publikasi internasional bereputasi.

Secara khusus Rektor mengucapkan selamat kepada wisudawan yang lulus ddengan predikat terbaik, diantaranya: Kristina Lestariningsih dari Program Doktor Manajemen, Yuyun Guna Winarti dari Program Magister Statistika Terapan, Budhi Cahya Prasetyo dari Program Spesialis Periodontik, Savira Silma Aulia dari Program Profesi Apoteker, dan Vanesa Natasha dari Progtam Sarjana Kedokteran.

Adapun dalam pelaksanaan wisuda ini, Rektor juga memberikan penghargaan kepada Heryadi Rachmat dari Program Studi Teknik Geologi selaku wisudawan tertua pada usia 63 tahun 3 bulan, Siti Sakinah dari prodi Kedokteran sebagai wisudan termuda pada usia 18 tahun 2 bulan, serta Hasna Nur Syahidah dari prodi Farmasi sebagai wisudawan Bidikmisi yang memiliki publikasi internasional di Jurnal of Applied Pharmaceutical Science (2017).

Wisuda kali ini juga menghasilkan wisudawan Sarjana peraih gelar Double Degree dari ESC Troyes Perancis. Wisudawan tersebut yaitu Nisa Maulida dari prodi Manajemen, Wahyudio Mahesa dari prodi Manajemen, dan Chairul Ihsan dari prodi Manajemen.*

Laporan oleh Arief Maulana / wep