Unpad-BTN Lakukan Kerja Sama Kemudahan Pembiayaan Rumah

[Unpad.ac.id, 14/02/2017] Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Consumer Banking Director PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Handayani di Ruang Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/02). Kerja sama yang akan dilakukan mengenai penyediaan jasa layanan kredit konsumer bagi karyawan Unpad.

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Consumer Banking Director PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Handayani di Ruang Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/02). (Foto: Tedi Yusup)*

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Consumer Banking Director PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Handayani di Ruang Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Selasa (14/02). (Foto: Tedi Yusup)*

Handayani mengungkapkan, BTN akan memberikan fasilitas kemudahan pembiayaan rumah bagi karyawan Unpad. Selain itu, diharapkan akan dilakukan berbagai aktivitas kerja sama lain seperti pengembangan pendidikan terkait keuangan, kegiatan corporate social responsibility, dan pengembangan kemampuan mahasiswa di bidang bisnis properti.

“Tentu ini adalah opportunity yang bisa meng-create suatu win to win business antara BTN dan Universitas Padjadjaran,” kata Handayani.

Sementara itu, Rektor sepakat bahwa kedepannya kerja sama yang dilakukan antara Unpad dengan BTN bukan sebatas penyediaan kredit perumahan bagi karyawan Unpad. Berbagai kapasitas yang dimiliki Unpad dan BTN dapat dipadukan untuk menjadi modal kuat untuk memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi masyarakat. Salah satu hal yang disarankan Rektor adalah mengenai kemudahan akses perumahan bagi masyarakat, terutama di Jawa Barat.

“Tinggal kita identifikasi bersama bagaimana tantangannya, apa yang bisa kita perbuat bersama, lebih dari aspek-aspek yang selama ini rutin kita lakukan,” ujar Rektor.

Diharapkan pula, sinergi antara Unpad dan BTN juga terjadi dalam pengembangan sumber daya manusia. Rektor mengatakan bahwa kini, penguasaan Iptek bukan lagi didominasi perguruan tinggi. Diyakini Rektor, BTN memiliki kepiawaian dalam mengelola finansial perumahan. Namun, perguruan tinggi memiliki kewajiban dalam mengembangkan penelitian dan menghasilkan inovasi, dimana hal tersebut dapat disinergikan dengan BTN.

Selain itu, Rektor pun mengharapkan akan adanya pembangunan berwawasan lingkungan, seperti membangun dengan konservasi yang baik, penggunaan teknologi ramah lingkungan, dan penguunaan sumber energi yang ramah lingkungan.

“Bumi kita itu sudah menghadapi beban di atas kemampuan idealnya. Nah dengan kemampuan ilmu dan teknologi ini mestinya teori konservasi ini juga bisa kita lakukan, termasuk penggunaan energi ramah lingkungan,” kata Rektor.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana/am