Tiga Mahasiswa Fapet Unpad Ikuti Program Charoen Pokphand Best Student Appreciation

[Unpad.ac.id, 27/03/2017] Tiga mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran terpilih menjadi delegasi program “Charoen Pokphand Best Student Appreciation” (CPBSA) 2017 yang digelar di Jakarta, Indonesia dan Bangkok, Thailand pada 13-19 Maret 2017 lalu. Mahasiswa yang  mewakili Unpad dalam program  ini adalah  Novi Fitriani, Aliyatul Widyan, dan Luthfi Ikhsani, dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Wiwin Tanwiryah, MP.

Tiga Mahasiswa dan satu dosen Fakultas Peternaka Unpad saat menjadi delegasi program Charoen Pokphand Best Student Appreciation (CPBSA) 2017, di Jakarta dan Bangkok, Thailand pada 13-19 Maret 2017 laludi Jakarta dan Bangkok, Thailand, 13-19 Maret 2017.

CPBSA merupakan progam kerja sama yang dilakukan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia dengan Majalah Poultry Indonesia. Tujuan dari program  ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indoensia, meningkatkan kontribusi civitas akademika dalam kemajuan bangsa, serta menambah wawasan dan pengetahuan demi pembangunan negeri yang lebih baik.

Program ini diikuti oleh 6 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Selain Unpad, program ini diikuti oleh 3 perwakilan mahasiswa Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Brawijaya, dan Universitas Hasanuddin. Para mahasiswa yang terpilih adalah mereka yang memiliki nilai terbaik dan aktif  kegiatan kemahasiswaan di  fakultasnya.

Dalam kegiatan tersebut, setiap peserta yang terpilih menjadi delegasi diwajibkan membuat makalah. Novi Fitriani, dengan judul makalah “Strategi Industri Perunggasan Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Global” diberi kesempatan presentasi dalam kegiatan best paper presentation mewakili Unpad pada Senin, 13 Maret 2017 di Jakarta. Selanjutnya  para peserta melihat Pameran Peternakan Internasional dan Seminar VIV Asia 2017 yang digelar di Bangkok, Thailand, 15-18 Maret 2017, dimana kegiatan ini diikuti oleh lebih dari seribu perusahaan dari berbagai negara.

Kegiatan para peserta kemudian dilanjutkan dengan kunjungan industri milik Charoen Pokphand Thailand, diantaranya Feed Mill, Food Processing Plant, dan CP Fresh Market. Kegiatan ini diakhiri dengan acara Bangkok City Tour dengan berkunjung ke sejumlah tempat bersejarah dan khas di Bangkok.

“Bagi kami, program ini sangat memberikan kesempatan kepada kami mahasiswa Fakultas Peternakan untuk mempelajari industri perunggasan di kancah internasional. Semoga melalui kegiatan ini kami sebagai agent of change mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan perunggasan Indonesia,” kata Aliyatul Widyan.*

Rilis / art