Unpad Tandatangani Mou dengan Bank Syariah Mandiri

[Unpad.ac.id, 20/04/2017] Universitas Padjadjaran menandatangani  Nota Kesepahaman dengan Bank Syariah Mandiri di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (20/04). Penandatangan dilakukan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad  dengan Senior Executive Vice President (SEVP) Bank Syariah Mandiri, Niken Andonowarih, disaksikan juga oleh Direktur Utama Bank Syariah Mandiri, Toni Eko Boy Subari.

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad berjabat tangan dengan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Toni Eko Boy Subari  usai menandatangani  Nota Kesepahaman .  (Foto oleh : Tedi Yusup)*

Dalam sambutannya, Toni mengharapkan agar dalam kegiatan kerja sama dengan Unpad ini akan ada sinergi penyiapan sumber daya manusia di bidang perbankan syariah. SDM perlu untuk terus dikembangkan, mengingat potensi pasar bank syariah semakin besar kedepannya.

Selain itu, Toni pun mengungkapkan akan dilakukan juga sinergi dari sisi internal perbankan syariah dengan praktik di lapangan. Kerja sama pun dilakukan untuk terus mengembangkan industri perbankan syariah di masa depan.

Senada dengan Toni, Rektor Unpad mengungkapkan bahwa  kesempatan mengembangkan perbankan syariah sangat kuat. Untuk itu, perlu adanya persiapan untuk mendukungnya, terutama dari sisi akademis. Lebih dari itu, Rektor pun mengajak Bank Syariah Mandiri untuk bersiap menghadapi peluang dan tantangan di masa depan. Bukan hanya peluang dan tantangan di sektor perbankan, tetapi juga di berbagai sektor lain yang menyangkut masyarakat luas.

“Kalau ini terjadi, saya kira nanti produknya bukan hanya dari aspek-aspek inovasi layanan saja, tapi kita bisa memberikan jawaban atas tantangan masa depan,” kata Rektor.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Nury Effendi, S.E., M.A., Ph.D mengharapkan bahwa kerja sama Bank Syariah Mandiri dapat dilakukan dengan berbagai keilmuan di Unpad, bukan hanya dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.  Kerja sama terutama dilakukan untuk mencapai salah satu tujuan SDGs, yaitu dalam hal mengentaskan kemiskinan.

“Kita mempunyai banyak fakultas yang nantinya itu bisa dilakukan kerja sama dengan BSM secara lebih terstruktur,” harap Nury.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga penyerahan bantuan pengembangan akademik mini bank dari Bank Syariah Mandiri untuk Unpad, berupa penyerahan secara simbolis Giant Card.

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan di sela kegiatan Seminar Nasional “Perkembangan dan Tantangan Investasi berbasis Keuangan Syariah” yang digelar atas kerja sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad dengan Bank Syariah Mandiri. Seminar secara resmi dibuka oleh Rektor Unpad.

Bertindak sebagai pembicara dalam seminar tersebut Direktur Keuangan dan Logistik Unpad, Edi Jaenudin, S.E., Ak., M.Si. yang membahas mengenai Investasi Keuangan Syariah dan  Direktur Risk Management & Compliance Bank Syariah Mandiri, Putu Rahwidhiyasa yang membahas mengenai Investasi Keuangan Berbasis Emas. Selain itu, digelar pula Talkshow “Mempersiapkan Sumber Daya Insani yang Kompeten di Sektor Keuangan Syariah” yang menghadirkan Senior Human Capital Business Partner Bank Syariah Mandiri, Meidy Ferdiansyah.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana /wep