[unpad.ac.id, 15/05/2017] Pelaksanaan ujian tulis maupun ujian berbasis komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, pada Selasa (16/05) besok. Berikut ini, ada berapa informasi penting harus diperhatikan oleh seluruh peserta berdasarkan siaran pers yang dikirim panitia lokal SBMPTN Bandung.

Cek Lokasi Ujian

Guna menghindari kemungkinan tersesat atau salah lokasi, peserta wajib melihat lokasi ujian sebelum hari pelaksanaan ujian, yaitu Senin (15/05). Panitia menyarankan memeriksa lokasi ujian setelah pukul 13.00 WIB.

Panita mengimbau peserta untuk memastikan beberapa hal terkait kepastian lokasi ujian, seperti rute kendaraan umum, jalur terdekat menuju lokasi, hingga mengetahui jalur-jalur alternatif menuju lokasi ujian. Walaupun tidak diperkenankan memasuki ruang kelas untuk mengecek posisi tempat duduk, peserta dapat mengecek informasi daftar nomor peserta yang tertera (ditempel) di pintu ruang ujian.

Khusus peserta ujian Computer Based Testing (CBT) di kampus Unpad Jatinangor, panitia mengimbau peserta dapat datang lebih awal (lihat juga: Peta Lokasi Ujian Tulis Computer Based Test (CBT) SBMPTN 2017 di Universitas Padjadjaran ). Ini disebabkan, di hari bersamaan akan digelar registrasi administratif bagi peserta SNMPTN 2017 di kampus Unpad Jatinangor dan kampus Institut Teknologi Bandung Jatinangor.

Imbauan ini bertujuan agar peserta terhindar dari kemungkinan kemacetan di jalan, sehingga menyebabkan adanya keterlambatan. Panitia menekankan, tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat.

Periksa dan Simpan Kartu Tanda Peserta

Kartu peserta SBMPTN memuat identitas peserta, seperti nomor peserta, nama pada ijazah, nama pada lembar jawaban ujian, tahun ijazah, alamat, dan pasforto peserta. Pasfoto peserta wajib tertera di kartu. Apabila foto tidak tertera, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian.

Kartu peserta juga memuat beberapa informasi penting, diantaranya jadwal pelaksanaan ujian, perlengkapan yang harus dibawa saat ujian, serta lokasi ujian. Informasi ini akan memudahkan peserta pada saat mengikuti ujian. Oleh sebab itu, kartu peserta ini harap disimpan baik-baik oleh peserta, baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Bagi peserta yang sudah mencetak kartu peserta namun pasfoto tidak muncul atau tidak sesuai ketentuan, dimohon untuk segera menghubungi panitia. Untuk Panlok Bandung, calon peserta bisa menghubungi langsung helpdesk SBMPTN 2017 Panlok Bandung di (022) 2511999.

Ketentuan Busana Ujian

Dalam SBMPTN 2017, peserta wajib mematuhi peraturan yang ditentukan. Pada aspek busana, ketentuan yang harus diperhatikan adalah setiap peserta diharuskan mengenakan pakaian rapi, berkerah, dan mengenakan sepatu tertutup. Pemakaian celana jin diperbolehkan asalkan tidak robek. Khusus peserta perempuan, diperkenankan mengenakan rok yang sopan.

Ketentuan Surat Keterangan Lulus yang Dibawa Saat Ujian

Kelengkapan ijazah berlaku bagi peserta dengan tahun kelulusan 2015 dan 2016. Sementara bagi peserta lulusan 2017 dan belum memiliki ijazah, sekurang-kurangnya membawa surat keterangan lulus (SKL) dari kepala sekolah. surat dilengkapi pasfoto berwarna terbaru dan dibubuhi cap sekolah sesuai yang tertera pada tata tertib peserta ujian SBMPTN.

Panitia juga mengimbau peserta agar menyiapkan kelengkapan yang harus dibawa saat ujian, sesuai yang tertera pada kartu peserta. Kelengkapan tersebut berupa kartu tanda peserta, fotokopi ijazah atau surat tanda kelulusan, serta kelengkapan alat tulis, seperti pensil  dengan ukuran/ketebalan minimal 2B, karet penghapus, rautan pensil (jika diperlukan).*

 

Rilis oleh Panlok SBMPTN Bandung/am

Share this: