Unpad Gelar Buka Puasa Bersama Civitas Academica dan Anak-anak Yatim Piatu

[unpad.ac.id, 6/06/2017] Universitas Padjadjaran menggelar buka bersama civitas academica, tenaga kependidikan, serta perwakilan anak-anak yatim piatu di sekitaran Jatinangor, yang dilaksanakan di Masjid Raya Unpad Jatinangor, Senin (5/06). Dalam acara itu, pengurus Darma Wanita Persatuan Unpad juga memberikan bingkisan kepada 3 yayasan sosial di sekitar Jatinangor.

Ketua Pengurus Darma Wanita Persatuan Unpad Tina Tri Hanggono, saat memberikan secara simbolis bingkisan kepada perwakilan tiga yayasan sosial di sekitar Jatinangor dalam acara buka bersama civitas academica, tenaga kependidikan, serta perwakilan anak-anak yatim piatu di Masjid Raya Unpad Jatinangor, Senin (5/06). (Foto: Tedi Yusup)*

“Di Bulan Ramadan ini, kita harus bangun kebiasaan baik, salah satunya dengan mengajak anak-anak yatim piatu. Mudah-mudahan ini jadi hal baik untuk diteruskan di Ramadan berikutnya,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor menuturkan, kegiatan buka bersama ini tidak semata menjadi ajang silaturahmi antara civitas academica, tenaga kependidikan, dan anak yatim piatu, tetapi menjadi momentum untuk menjamin masa depan para anak yatim piatu. Unpad sendiri, memiliki komitmen kuat untuk memikirkan keberlangsungan masa depan para anak yatim piatu.

Salah satu wujud konkret yang dilakukan Unpad adalah memberikan sejumlah bingkisan kepada tiga yayasan sosial di kawasan Jatinangor, yaitu Yayasan Asmaul Husna, Yayasan At-Taqwa, serta Yayasan Raihan.

Bentuk bingkisan yang diberikan berupa uang santunan, bahan-bahan pokok, buku, dan alat-alat tulis. Bingkisan hasil kontribusi para pengurus Darma Wanita Unpad ini berjumlah 74 paket dan siap diberikan kepada tiga yayasan tersebut.

Secara simbolis, penyerahan bingkisan dilakukan melalui penandatanganan berita acara serah terima bingkisan oleh Ketua pengurus Darma Wanita Unpad Tina Tri Hanggono Achmad dengan Lita Marlina selaku perwakilan Yayasan Asmaul Husna, Drs. H. Burhan selaku perwakilan Yayasan At-Taqwa, dan Lilis Rasmin selaku perwakilan Yayasan Raihan.

Penyerahan bingkisan secara simbolis juga diberikan kepada perwakilan anak yatim piatu. Penyerahan dilakukan oleh Tina Tri Hanggono, Junisalina Oekan Abdoellah, Lisda Sigid Suseno, Prof. Dr. Ir. Hj. Nurpilihan Bafdal, M.Sc., selaku perwakilan Guru Besar Unpad, serta Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., selaku perwakilan pimpinan Unpad.

Terkait sebagai ajang silaturahmi, Rektor menegaskan Ramadan menjadi momentum penting untuk menguatkan tali silaturahmi. Meskipun saat ini silaturahmi bisa dilakukan melalui teknologi digital, sentuhan fisik dalam silaturahmi tetap tidak tergantikan.

“Sentuhan fisik dalam silaturahmi bisa mengatasi misekspresi yang sering terjadi dalam komunikasi maya,” kata Rektor.

Untuk itu, bertepatan momentum Ramadan, Rektor sendiri akan melakukan Safari Ramadan berupa silaturahmi dan buka bersama berkeliling ke 17 fakultas di Unpad. Setelah silaturahmi di Masjid Raya Unpad, Safari Ramadan akan dilakukan mulai Selasa (6/06) hingga Kamis (22/06) mendatang.

“Silaturahmi ini harus dijadikan inspirasi bagi rekan-rekan semua, bahwa sikap ini perlu dilakukan. Tantangan semakin tidak mudah. Informasi harus sebaik mungkin disampaikan,” kata Rektor.

Acara dilanjutkan dengan diskusi bersama menjelang azan Magrib antara guru besar dengan anak-anak yatim piatu. Acara juga diisi salat Magrib berjamaah dengan imam Hadiyanto A. Rachim, S.Sos., M.I.Kom., selaku pengelola Masjid Raya Unpad Jatinangor.*

Laporan oleh Arief Maulana