Unpad Jalin Kerja Sama dengan Ardan Grup

[unpad.ac.id, 8/06/2017] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama dengan Direktur Umum Ardan Grup Arifin Gandawijaya, di Ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (8/06). Kerja sama dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja antara Unpad dan Ardan Grup.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama dengan Direktur Umum Ardan Grup Arifin Gandawijaya, di Ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (8/06). (Foto: Tedi Yusup)*

Rektor mengatakan, Unpad memiliki potensi yang bisa dikembangkan kerja sama dengan Ardan Grup. Potensi tersebut diantaranya kekuatan akademik, jejaring kerja sama yang luas, serta penyiapan sumber daya manusia.

Di bidang kekuatan akademik, Unpad memiliki berbagai hilirisasi dari ilmu pengetahuan yang bisa didiseminasikan kepada masyarakat. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran, Unpad memiliki banyak peluang dalam mengimplementasikan berbagai perkembangan ilmu pengetahuan.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, Ardan Grup sendiri merupakan salah satu grup stasiun radio terkemuka di Kota Bandung. Memiliki tiga stasiun radio dengan segmentasi pendengar yang berbeda, maka berbagai diseminasi riset dan ilmu pengetahuan dapat disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Secara khusus, kerja sama ini harus memiliki komitmen untuk mengembangkan kewilayahan. Rektor mendorong Ardan Grup untuk meningkatkan branding perusahaannya, yang bukan hanya dikenal sebagai radio di Bandung, tetapi juga harus dikenal oleh seluruh masyarakat Jawa Barat.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama ini, bisa jadi fasilitas Ardan untuk menjadi fasilitas masyarakat Jabar,” kata Rektor.

Di bidang jejaring kerja sama, Rektor juga mendorong perluasan kerja sama yang dilakukan Ardan Grup. Saat ini, Unpad memiliki banyak kerja sama dengan para pemangku kepentingan. Diharapkan, dapat terjalin suatu konsorsium kerja sama lanjutan yang melibatkan beberapa pihak.

Melihat tantangan dalam dunia bisnis, Rektor mengatakan, selain mempersiapkan infrastruktur perusahaan yang baik, juga harus disiapkan sumber daya manusia yang kompeten. Untuk itu, Ardan Grup diharapkan dapat membuka ruang bagi para lulusan dan civitas academica Unpad untuk menimba pengalaman di Ardan. Melihat berbagai prestasi institusi, Rektor optimis lulusan Unpad dapat menjadi sumber daya manusia yang kompeten.

“Kita banyak lulusan yang terbaik, yang bisa menjadi kesempatan bagi Ardan untuk melakukan rekrutmen dan melakukan talent scouting, bahkan bisa didapat sebelum mahasiswa lulus kuliah ” kata Rektor.

Selain itu, Unpad juga memiliki radio streaming yang dikelola Direktorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik. Untuk itu, Rektor mengharapkan dapat terjalin kolaborasi efektif yang bisa dilakukan antara Ardan Grup dengan Radio Unpad.

Sementara itu, Arifin mengapresiasi kerja sama dengan Unpad. Ia mengharapkan ada perencanaan program yang baik selama jangka waktu Nota Kesepahaman ini berjalan. “Ini suatu tantangan, bagaimana suatu program/aktivitas yang dilakukan harus atas perencanaan kerja sama antara Unpad dan Ardan Grup,” ujar Arifin.

Arifin pun mengajukan rencana kerja sama untuk pembenahan manajemen di tubuh Ardan Grup. Ia mengatakan, pola manajemen dan perencanaan bisnis yang dijalankan Ardan Grup saat ini belum maksimal. Untuk itu, ia meminta Unpad untuk bekerja sama meningkatkan dua aspek tersebut, salah satunya melalui aktivitas riset.

Penandatanganan tersebut juga dihadiri Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si., serta perwakilan pimpinan dan dosen.*

Laporan oleh Arief Maulana