Peter Drysdale, “Indonesia Punya Kesempatan Jadi Elemen Sentral Perdagangan Internasional”

[unpad.ac.id, 5/05/2017] Indonesia memiliki peran strategis dalam strategi ekonomi dan perdagangan dunia saat ini. Menurut Peter Drysdale, Emeritus Professor of Economics at The Australian National University, Indonesia memiliki peran penting dalam strategi ekonomi di ASEAN. Sudah saatnya Indonesia unjuk diri dalam kebijakan ekonomi dunia.

Peter Drysdale, Emeritus Professor of Economics at The Australian National University saat menjadi pembicara dalam Joint Seminar “Why Indonesia Needs to Show the Way on Trade Strategy?” di Auditorium Lantai 1 Gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung, Rabu (5/07). (Foto: Tedi Yusup)*

“Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi elemen sentral dalam strategi perdagangan internasional,” ujar Peter saat menjadi pembicara dalam Joint Seminar “Why Indonesia Needs to Show the Way on Trade Strategy?” di Auditorium Lantai 1 Gedung Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Jln. Dipati Ukur No. 46 Bandung, Rabu (5/07).

Peran penting Indonesia dalam strategi ekonomi di ASEAN terlihat pascabergabungnya Indonesia dalam Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), atau kesepakatan perdagangan bebas antara negara ASEAN dan enam negara mitra strategis, yaitu Australia, Republik Rakyat Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

Indonesia sendiri sudah teruji dapat bertahan dalam krisis ekonomi yang pernah melanda. Bahkan, Indonesia terbukti dapat melanjutkan kebijakan ekonominya dengan baik setelah dilanda krisis ekonomi.

Seminar ini digelar atas kerja sama SDG’s Center Unpad, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, dan Australian National University. Acara dibuka oleh Direktur SDGs Center Unpad, Prof. Dr. Armida Salsiah Alisjahbana. Menurut Prof. Armida, topik seminar yang diangkat pada seminar kali ini merupakan hal yang menarik, mengingat topik mengenai perkembangan dan kebijakan ekonomi dunia tengah hangat diperbincangkan.

“Peter Drysdale merupakan salah satu pakar terkemuka terkait hal tersebut,” ujar Prof. Armida.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am