[unpad.ac.id, 13/07/2017] Universitas Padjadjaran kembali menjadi perguruan tinggi pembina program Dosen Magang Kemenristekdikti. Sebanyak 19 dosen peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia akan melaksanakan program magang di Unpad selama empat bulan ke depan.

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., (paling kanan) saat menerima 19 dosen magang Kemenristekdikti di Ruang Rapat Rektor Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (13/07). (Foto: Tedi Yusup)*

Para dosen magang tersebut diterima secara resmi oleh Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., di Ruang Rapat Rektor Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (13/07). Menurut Prof. Reiza, Unpad setidaknya telah 12 kali menjadi perguruan tinggi penerima program dosen magang.

Lebih lanjut Prof. Reiza menjelaskan, peserta dosen magang ini telah menjalani seleksi dengan cukup ketat. Berdasarkan data Kemenristekdikti, pada tahun ini jumlah pendaftar dosen magang sebesar 487 dosen, sedangkan yang diterima hanya 127 dosen saja. Untuk itu, ia berharap para dosen peserta dapat memanfaatkan magang ini dengan sebaik-baiknya.

“Ini kesempatan yang langka dan belum tentu semua dosen memilikinya,” kata Prof. Reiza.

Memanfaatkan masa magang selama empat bulan, para dosen nantinya mempelajari berbagai aspek pengelolaan perguruan tinggi yang telah dijalankan Unpad. Para dosen diajak untuk melihat proses Tridarma Perguruan Tinggi, implementasi kerja sama institusi, pengenalan struktur tata kelola universitas, serta pengenalan serangkaian aktivitas kemahasiswaan.

Tidak hanya itu, para dosen magang juga akan dilibatkan pada kegiatan besar universitas. Selama empat bulan, akan digelar beberapa kegiatan besar universitas, seperti wisuda, registrasi dan prosesi penerimaan mahasiswa baru, monitoring pelaksanaan KKNM, peringatan Dies Natalis, hingga terlibat dalam kegiatan “Super Camp” yang digelar Fakultas Kedokteran.

Dengan mempelajari segala hal terkait Unpad, Prof. Reiza berharap dapat menjadi inspirasi bagi para dosen untuk dapat mengimplementasikan di kampusnya masing-masing. Selain itu, pihaknya juga menerima masukan dari para dosen terkait hal-hal yang dapat menjadi masukan bagi pengembangan Unpad.

“Silakan gali lebih dalam hingga ke akar-akarnya, dan tidak lupa berikan masukan kepada kami,” kata Prof. Reiza.

Adapun nama-nama peserta dosen magang di Unpad adalah sebagai berikut:

1. Imam Muazansyah dari Universitas Kaltara

2. Ikawati dari Universitas Sulawesi Barat

3. Yulius Saprianus Dala Ngapa dari Universitas Flores

4. Edi Fitriawan Syahadat dari Universitas Sulawesi Barat

5. Frendly Albertus dari Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

6. Fikri Akbar dari Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai

7. Arini Sulistyowati dari Universitas Wijaya Putra

8. Indah Nur’aini dari Stikes Kepanjen

9. Nasiatul Aisyah Salim dari Stikes Wira Husada

10. Endra Susanti dari Stikes Nurul Hasanah Kutacane

11. Khairil Fauzan K. dari Stikes Bina Bangsa Kuala Simpang

12. Intan Putri Cahyani dari Universitas Pancasakti

13. Fajar Sidik dari Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa APMD

14. Muliadi Anangkota dari Universitas Cendrawasih

15. Robiul Fitri Masitoh dari Universitas Muhammadiyah Magelang

16. Darman Saputra dari Universitas Bangka Belitung

17. Ika Novaliana dari STIE Nganjuk

18. Dio Caisar Darma dari STIE Samarinda

19. Seriyanti dari STISIP Veteran Palopo.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: