Mahasiswa FH Unpad Juarai Dua Kompetisi Nasional

[unpad.ac.id, 4/09/2017] Mahasiswa dari unit kegiatan Padjadjaran Law Research and Debate Society (Pleads) Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran berhasil meraih beberapa juara dalam dua kompetisi yang digelar Mahkamah Konstitusi dan Majelis Permusyawaratan Rakyat. Dua kompetisi tersebut yaitu Kompetisi Debat Konstitusi MK Tingkat Nasional 2017 dan Pekan Konstitusi MPR 2017.

Delegasi Mahasiswa FH Unpad yang meraih juara di Kompetisi Debat MK Tingkat Nasional 2017 .*

Pada Kompetisi Debat MK Tingkat Nasional 2017 yang digelar di Pusdik Pancasila dan Konstitusi MK, Bogor, 25-29 Agustus lalu, delegasi yang terdiri atas Ratu Dorutun Nafisah, Patia Chairunissa dan Resha Roshana Putri, berhasil meraih juara pertama (juara nasional). Delegasi berhasil mengalahkan tim Universitas Hasanudin di babak final.

Delegasi juga berhasil memukau para juri, seperti Prof. Jimly Ashiddiqie dan Dr. Hamdan Zoelva. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Sebelumnya, delegasi menjuarai kompetisi yang sama untuk tahapan regional Jawa Barat pada Juli lalu. Dalam kesempatan tersebut delegasi mengalahkan tim Universitas Indonesia. Gelar juara nasional ini merupakan kali kedua yang didapat FH Unpad setelah 2014 lalu.

“Mudah-mudahan gelar juara nasional kedua Debat MK ini dapat menaikkan peringkat Unpad, terutama dari indikator kegiatan kemahasiswaan,” ujar Dosen FH Unpad yang menjadi pembimbing delegasi Bilal Dewansyah, S.H., M.H. Beberapa peneliti dari Pusat Studi Kebijakan Negara (PSKN) FH Unpad, yaitu Wicaksana Dramanda dan M. Adnan Yazar Zulfikar juga turut melatih delegasi sejak tahap regional.

Sementara di ajang Pekan Konstitusi MPR 2017 pada 26-30 Agustus lalu, delegasi FH Unpad meraih gelar juara pertama lomba Perancangan Undang-undang Dasar (Constitutional Drafting). Delegasi yang terdiri dari Pandu Dewanata, Ratih Ananda Putri, Anisa Fauziah, Sarah Debora Marito, dan Budiani Widyaningrum ini berhasil mengalahkan tim Universitas Diponegoro pada babak final.

Selain mendapat juara pertama, delegasi juga menyabet gelar The Best Performance dari lima tim yang masuk putaran final. Ini didasarkan dengan performa terbaik yang dilakukan delegasi saat melakukan presentasi dan menjawab berbagai pertanyaan dari para juri.

Di ajang kompetisi yang sama, delegasi FH Unpad yang terdiri dari Puspita Nur Suciati, Aditya Nurahmani, dan Robi Rismansyah berhasil mendapatkan juara kedua pada lomba Debat Konstitusi MPR Tingkat Nasional. Pada babak final, delegasi belum berhasil mengalahkan tim Universitas Parahyangan, meski sebelumnya sempat mengalahkannya pada lomba tingkat regional.

Keberhasilan delegasi tidak terlepas dari ketekunan dalam melakukan riset, menulis dan berargumentasi. Para dosen pembimbing, peneliti PSKN FH Unpad dan para kakak angkatan yang melatih delegasi sangat berperan dalam proses  riset dan pelatihan efektif.*

Rilis: FH Unpad/am