Rektor Lantik Sejumlah Pimpinan di Lingkungan Unpad

[unpad.ac.id, 3/10/2017] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad melantik Direktur, Wakil Dekan, Sekretaris Direktorat, Kepala dan Sekretaris Kantor, dan Pejabat Pembuat Komitmen di lingkungan Unpad. Pelantikan digelar di Ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (3/10).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad melantik Direktur, Wakil Dekan, Sekretaris Direktorat, Kepala dan Sekretaris Kantor, dan Pejabat Pembuat Komitmen di lingkungan Unpad. Pelantikan digelar di Ruang Executive Lounge Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Selasa (3/10). (Foto: Tedi Yusup)*

Saat memberikan sambutan, Rektor mengatakan, pelantikan pejabat struktural ini merupakan implementasi lanjutan ditetapkannya Unpad sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Badan Hukum. Menyikapi berbagai tantangan yang muncul, PTN Badan Hukum memerlukan organisasi dan tata kelola yang mampu menjawabnya.

“Poin penting adalah kita terus menerus melakukan perbaikan tata kelola, dengan terus menerus menjalankan peta reformasi birokrasi yang sudah kita bangun. Tata kelola ini didasarkan pada kebutuhan program yang kita bangun,” kata Rektor.

Salah satu tantangan yang kerap dihadapi adalah persoalan komunikasi dan koordinasi antar unit kerja. Rektor menjelaskan, setiap pejabat disadari berkonsentrasi penuh pada unit kerja yang diembannya. Namun, setiap pimpinan unit kerja seharusnya terkait satu sama lain.

Tantangan ini kemudian diwujudkan melalui efisiensi pejabat di unit kerja. Salah satu efisiensi yang dilakukan adalah memaksimalkan peran Wakil Dekan di tingkat fakultas menjadi satu orang. Rektor mengatakan, pengubahan jumlah Wakil Dekan dari dua menjadi satu orang ini didasarkan agar proses komunikasi dan koordinasi dapat berjalan optimal.

“Wakil Dekan tadinya tiga orang, kemudian kita perketat jadi dua orang dan masih menimbulkan tantangan koordinasi pembagian tugas,” sambungnya.

Penguatan komunikasi dan koordinasi ini tidak hanya dilakukan antar unit kerja saja, tetapi juga antar unit kerja dan fakultas. Maksimalnya implementasi sistem perkantoran e-office dan sistem perencanaan berbasis ERP, mestinya mampu mengurangi masalah komunikasi antar unit kerja.

Pesan lain yang disampaikan Rektor adalah pimpinan unit kerja mampu memaksimalkan peran tenaga kependidikan. Saat ini, Unpad terus meningkatkan performa akademiknya di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian, maka dosen didorong penuh untuk berkonsentrasi di aspek Tridarma.

Para pimpinan dari kalangan dosen yang saat ini dilantik diharapkan dapat mendorong kinerja tenaga kependidikan di tiap unit kerjanya. “Kami berharap tedik sudah siap mengisi jabatan-jabatan yg seharusnya dikelola tenaga kependidikan,” kata Rektor.

Diharapkan di awal 2018, unit kerja dan fakultas dapat melakukan koordinasi lebih kuat untuk mendukung tata kelola Unpad yang lebih baik.

Adapun nama-nama pejabat yang dilantik yaitu: [table id=37 /]

Galeri foto oleh Tedi Yusup dan Arief Maulana

Laporan oleh Arief Maulana