Unpad Jalin Kerja Sama dengan Higher School of Economics Rusia

[unpad.ac.id, 9/10/2017] The Higher School of Economics (HSE’s) Rusia sepakat menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran di bidang tridarma. Demikian disampaikan Wakil Rektor bidang Kerja Sama Internasional HSE’s Prof. Ivan Prostakov dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara HSE’s dan Unpad di Ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur no. 35, Bandung, Senin (9/10).

Wakil Rektor bidang Kerja Sama Internasional HSE’s Prof. Ivan Prostakov saat menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Unpad di Ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur no. 35, Bandung, Senin (9/10). (Foto: Tedi Yusup)*

Dalam acara tersebut, Prof. Ivan menandatangani naskah nota kesepahaman yang telah ditandatangani Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt. Penandatanganan ini disaksikan langsung Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad.

Prof. Ivan mengatakan, fokus kerja sama utama yang akan dilakukan pihaknya adalah pertukaran keilmuan di bidang bahasa dan budaya Rusia dengan kajian Indonesia. Walaupun bertitel kampus Ekonomi, HSE’s  memiliki program studi di luar ilmu Ekonomi, sehingga dapat mendukung berbagai kerja sama akademik.

HSE’s sendiri memiliki departemen khusus yang mempelajari tentang kebudayaan di Asia.Kerja sama dengan Unpad ini juga dipandang strategis mengingat Unpad memiliki program studi Sastra Rusia di Fakultas Ilmu Budaya.

Lebih lanjut Prof. Ivan mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang berpredikat National Research University dari pemerintah Rusia, HSE’s memiliki 300 kerja sama dengan institusi di seluruh dunia. “Kami sangat bangga dan senang bisa bekerja sama dengan Unpad. Mudah-mudahan kita dapat memulai dengan langkah yang baik,” kata Prof. Ivan.

Senada Prof. Ivan, dalam sambutannya Rektor juga mendukung kerja sama dengan HSE’s bersifat multidisiplin. Saat ini Unpad memiliki 16 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang siap melakukan kerja sama dengan HSE’s.

Melihat tantangan di bidang ilmu teknologi yang kompleks, Rektor mendorong kerja sama dengan HSE’s ini dapat melibatkan sektor lain melalui skema kerja sama Pentahelix. Sebab, dominasi ilmu dan teknologi saat ini sudah tidak lagi dipegang utuh oleh perguruan tinggi.

Dorongan kerja sama lainnya adalah Unpad dan HSE’s diharapkan dapat berkontribusi bagi pembangunan Jawa Barat melalui kerja sama riset dan pembelajaran.*

Laporan oleh Arief Maulana