Jajaki Sejumlah Kerja Sama, Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia Kunjungi Unpad

[unpad.ac.id, 13/11/2017] Kolaborasi akademik kembali dijalin oleh Universitas Padjadjaran. Kali ini, Unpad sepakat menjalin kerja sama dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia di bidang penelitian.

Sejumlah pimpinan Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia melakukan kunjungan ke Universitas Padjadjaran. Kunjungan diterima secara resmi oleh Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Sudradjat, M.S., beserta Dekan FPIK Unpad Dr. Ir. Iskandar, M.Si., dan sejumlah dosen FMIPA, FTIP, dan Sekolah Pascasarjana Unpad di Rapat rapat Dekanat FMIPA Unpad, Jatinangor, Senin (13/11). (Foto: Tedi Yusup)*

Hal tersebut diungkapkan Pejabat Timbalan Naib Concelor bidang Penyelidikan dan Inovasi UniSZA Prof. Dr. Ir. Badlishah bin Ahmad saat melakukan kunjungan ke kampus FMIPA Unpad, Jatinangor, Senin (13/11). Kunjungan dilakukan dalam rangka penjajakan kerja sama antara UniSZA dan Unpad.

Kunjungan tersebut diterima secara resmi oleh Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Sudradjat, M.S., bersama Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Ir. Iskandar, M.Si., dan segenap tenaga pengajar di FMIPA, FPIK, Sekolah Pascasarjana, dan FTIP Unpad. Sementara dari pihak UniSZA hadir perwakilan pejabat universitas.

Prof. Badlishah mengatakan, rencana kerja sama yang akan dilakukan UniSZA dengan Unpad harus menghasilkan luaran yang baik. Selain itu, kerja sama yang akan diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama ini dapat terus berlanjut.

Selain melakukan kunjungan ke Unpad, agenda lain yang dilakukan Prof. Badlishah di Indonesia adalah mengambil sampel penelitian di wilayah Jawa Barat. Pihaknya berencana mengambil sampel penelitian di wilayah Waduk Jatigede, Sumedang, dengan dibantu oleh para peneliti dari Unpad.

Dari pihak Unpad, Prof. Sudradjat mengapresiasi rencana kerja sama yang diajukan UniSZA. Ia menjelaskan, kerja sama dengan UniSZA telah dirintis melalui penyelenggaraan seminar ilmiah bersama. Melalui seminar tersebut, telah dihasilkan beragam makalah yang siap dipublikasi.

“Seluruh makalah ini di-review oleh tim dari UniSZA dan Unpad yang disesuaikan dengan kompetensi. Kami juga menyasar hasil makalah ini akan diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah,” kata Prof. Sudradjat.

Prof. Sudradjat juga mendorong kerja sama dengan UniSZA ini juga melibatkan aspek lainnya, seperti promotor bersama, pertukaran mahasiswa, pertukaran kesempatan studi lanjut, hingga pertukaran tenaga pendidik.

“Kegiatan ini sejalan dengan apa yang sedang dijalankan Unpad. Kita harapkan dalam MoU ini tidak hanya pasif, tetapi aktif,” ujar Prof. Sudradjat.*

Laporan oleh Arief Maulana