Penelitian Dosen FMIPA Unpad Raih Penghargaan di ICCAI Medan

[unpad.ac.id, 5/12/2017] Dosen Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran meraih penghargaan dalam ajang “International Conference of Computer and Applied Informatics (ICCAI)” yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika Universitas Sumatera Utara di Medan, 28 – 30 November lalu.

Dosen FMIPA Unpad Erick Paulus, M.Kom., menerima penghargaan di ajang “International Conference of Computer and Applied Informatics (ICCAI)” yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer dan Informatika Universitas Sumatera Utara di Medan, 28 – 30 November lalu.*

Penelitian tiga dosen FMIPA Unpad, Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS., Erick Paulus, M.Kom., dan Mira Suryani, M.Kom., menjadi makalah terbaik dan mendapat penghargaan “The Best Paper Award” pada konferensi yang diikuti oleh sejumlah peneliti, akademisi, dan praktisi tersebut.

Selain diajukan, makalah berjudul “Improved Line Segmentation Framework for Old Sundanese Documents” ini juga dipresentasikan di hadapan para peserta konferensi.

Dihubungi terpisah, Erick Paulus menjelaskan, penelitian tersebut berbicara tentang peningkatan kinerja segmentasi baris pada naskah kuno Sunda. Dibantu dengan Filolog Sunda dari Fakultas Ilmu Budaya dan didukung pihak Direktorat Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi Unpad, pihaknya mengembangkan kerangka kerja yang memuat praproses, adaptive thresholding, filtering, dan line segmentation.

Output akhir dari penelitian ini adalah mesin (aplikasi) pencari berbasis image2image untuk naskah kuno Sunda,” ujar Erick.

Usai dipresentasikan di konferensi, makalah ini akan dipublikasikan di tingkat internasional lewat Journal of Physics IOP.*

Laporan oleh Arief Maulana