Cari SDM Unggul, PT. Angkasa Pura II Jalin Kerja Sama dengan Unpad

[unpad.ac.id, 5/03/2018] Rektor Universitas Padjadjaran Prof Tri Hanggono Achmad  menandatanangani Nota Kesepahaman dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. Pendandatanganan dilakukan di Ruang Serba Guna Gedung 1 Lantai 3 Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (5/03).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad usai menandatangani Nota Kesepahaman dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. Pendandatanganan dilakukan di Ruang Serba Guna Gedung 1 Lantai 3 Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Senin (5/03). (Foto: Tedi Yusup)*

Berbagai aktivitas bersama akan dilakukan Unpad dan Angkasa Pura II, khususnya terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia. Diungkapkan Awaluddin, saat ini pihaknya sedang membutuhkan sumber daya manusia dengan kualifikasi yang sangat spesifik, diantaranya adalah mereka yang memiliki keahlian di bidang hukum udara dan perencanaan bandara.

Awaluddin mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unpad, terintegrasi dengan program talent scouting sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh Angkasa Pura II.

“Kita juga banyak sekarang kebutuhan untuk mencari expert atau talenta yang mengerti tentang bagaimana mengelola secara strategis keberadaan bandara terhadap lingkungan sekitar,” ungkap Awaluddin.

Kegiatan kolaborasi pun diharapkan tidak hanya dengan satu fakultas tertentu saja, tetapi melalui trans atau multi disiplin ilmu.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi program yang kita gagas hari ini dapat kita realisasikan dan membawa kemajuan untuk Indonesia yang kita cintai,” harap Awaluddin.

Sementara itu, Rektor menekankan bahwa dalam strategi yang akan dilakukan, semestinya basisnya adalah membangun program bersama dalam sebuah sistem. Untuk mencapai tujuan bersama, diharapkan kolaborasi bukan hanya dilakukan oleh kedua belah pihak, tetapi bersama dengan berbagai pihak lain.

“Pada saat kita merancang itu kalau perlu kita ajak teman-teman yang lain, kita ajak. Berbagai fakultas pasti, bahkan universitas yang lain, karena tidak mungkin kita kuasai seluruhnya,” kata Rektor.

Kuliah Umum

Usai penandatangan Nota Kesepahaman, acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum bertema “Digital Transformation” dari Awaluddin kepada sejumlah mahasiswa Unpad di Aula Magister Manajemen Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 46 Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Awaluddin mengatakan bahwa digital transformation bukanlah mengenai digital infrastuktur atau teknologi, melainkan strategi. Strategi digital transformation semestinya terintegrasi dalam strategi jangka panjang perusahaan.

“Sangat terlambat kalau kita hanya fokus kepada hard infrastructure,” katanya.

Dalam menangani bandar udara misalnya, semestinya ada jaminan perusahaan dapat melayani konsumen dengan lebih cepat dan baik. Konsumen harus bebas repot, bebas stres, dan bebas dari kebingungan.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am